Biaya Operasi Mata Ikan

Mata ikan atau dalam dunia medis disebut sebagai clavus ialah salah satu gangguan yang kerap terjadi pada seseorang. Biasanya, mata ikan muncul di beberapa bagian tubuh seperti kulit permukaan kaki, jari-jari kaki, tumit, telapak tangan serta jari-jari tangan.

Meskipun tidak berbahaya, namun penyakit tersebut bisa merusak penampilan seseorang dan terkadang juga menimbulkan rasa nyeri. Oleh sebab itu, kebanyakan orang lebih memilih melakukan operasi untuk menghilangkan mata ikan yang mengganggu aktivitas mereka.

Operasi mata ikan sendiri saat ini sudah bisa dilakukan di beberapa tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik masyarakat ataupun klinik praktik dokter swasta. Akan tetapi, setiap tempat pelayanan kesehatan tentunya mematok tarif atau harga jasa operasi berbeda-beda.

Oleh sebab itu, sebelum mengunjungi salah satu tempat tersebut untuk melakukan operasi mata ikan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa kisaran biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi mata ikan baik itu di rumah sakit, puskesmas ataupun klinik umum.

Jenis Mata Ikan

Kemunculan mata ikan ditandai dengan gejala seperti penebalan, pengerasan serta penonjolan berbentuk bulat pada kulit manusia. Selain bisa menjadi bersisik atau kering, mata ikan juga biasanya disertai peradangan sampai rasa nyeri, terutama ketika ditekan.

Berdasarkan bentuk dan tempat kemunculannya, mata ikan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu mata ikan keras, lunak serta mata ikan kecil. Sebelum membahas biaya operasi mata ikan lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu ketiga jenis mata ikan tersebut di bawah ini.

Baca Juga:   Biaya Layanan Kesehatan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Mata Ikan Keras

Mata ikan keras merupakan jenis paling sering dialami oleh seseorang. Jenis ini timbul pada bagian kulit yang langsung bersentuhan dengan tulang. Umumnya kemunculan mata ikan keras ditandai gejala berupa penumpukan kulit terasa keras serta memiliki inti di tengahnya.

Mata Ikan Lunak

Mata ikan lunak memiliki warna keputihan atau abu-abu, terasa halus dengan tekstur kenyal. Biasanya mata ikan jenis ini terjadi di bagian kulit lembab seperti pada kulit di sela-sela jari.

Mata Ikan Kecil

Sementara mata ikan jenis terakhir ini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan jenis lainnya. Mata ikan kecil umumnya muncul pada bagian bawah telapak kaki. Meskipun ukurannya kecil, namun mata ikan ini bisa menyebabkan rasa nyeri.

Penyebab Mata Ikan

Secara umum, penyebab kemunculan mata ikan yaitu karena gesekan dan tekanan di kulit terjadi berulang kali. Kemunculan mata ikan menjadi reaksi alami tubuh untuk melindungi kulit supaya tidak mengalami luka atau kerusakan lain akibat tekanan serta gesekan tersebut. Di bawah ini adalah beberapa hal penyebab mata ikan.

  • Pemakaian sepatu sempit, longgar dan tidak nyaman.
  • Berjalan ataupun berlari terlalu sering.
  • Sering menggunakan alat musik dengan tangan.
  • Jarang memakai kaus kaki saat menggunakan sepatu.
  • Tidak menggunakan sarung tangan saat menggunakan alat dengan gerakan atau tekanan berulang pada tangan.
  • Memiliki kelainan bentuk jari.
  • Memiliki kelainan bentuk kaki ataupun tangan.
  • Menderita obesitas.
  • Memiliki kelainan kelenjar keringat.
  • Memiliki kutil atau bekas luka.
Baca Juga:   Manfaat & Harga Natur E 300 Per 28 April 2021

Prosedur Operasi Mata Ikan

Selain membayar biaya operasi mata ikan, pasien juga harus mengikuti seluruh rangkaian prosedur operasinya. Secara umum, tindakan operasi mata kulit di rumah sakit, klinik umum ataupun puskesmas sama saja. Beberapa tahapan operasi mata ikan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

Pembersihan Kulit

Langkah pertama, dokter membersihkan area kulit yang akan dilakukan pembedahan terlebih dahulu. Biasanya dokter akan menggunakan cairan alkohol atau povidone iodine untuk membersihkannya.

Pembiusan

Tahap operasi pengangkatan mata ikan selanjutnya yaitu pembiusan. Dokter memberikan bius lokal pada area kulit untuk meminimalkan rasa nyeri selama proses operasi berlangsung. Namun, jenis bius atau anestesi tersebut tidak akan mempengaruhi kesadaran pasiennya.

Pengangkatan Mata Ikan

Setelah itu, operasi mata ikan dilakukan dengan tindakan mengikis mata ikan secara perlahan menggunakan pisau bedah steril. Dokter akan menjalankan prosedur operasi mata ikan sebisa mungkin agar meminimalisir keluarnya darah serta risiko infeksi. Prosedur operasi mata ikan biasanya membutuhkan waktu kurang lebih selama 20 menit.

Biaya Operasi Mata Ikan

Biaya operasi mata ikan sebenarnya hampir sama dengan biaya operasi tahi lalat. Namun, masing-masing tempat pelayanan kesehatan tentunya memiliki ketentuan mengenai tarif cukup bervariasi, entah itu di rumah sakit, klinik masyarakat, puskesmas ataupun klinik praktik dokter swasta.

Baca Juga:   Biaya Membuat Kolam Renang Minimalis? Berikut Rinciannya.

Umumnya beberapa tempat tersebut mematok tarif operasi mata ikan mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 4.000.000. Apabila kalian melakukan operasi pengangkatan mata ikan di rumah sakit swasta, biayanya bisa mencapai jutaan rupiah karena sudah menggunakan teknologi mutakhir.

Di sisi lain, keuntungan ada pada pasien pemegang kartu ASKES ataupun peserta BPJS Kesehatan. Sebab, mereka bisa menjalani operasi mata ikan tanpa biaya sepeserpun alias gratis, asalkan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Maka dari itu, sebelum melakukan operasi mata ikan sebaiknya cari dan pilihlah rumah sakit yang tepat. Selain itu, saran kami konsultasikan terlebih dahulu ke dokter bedah terkait penanganan lanjutan permasalahan tersebut.

Cara Mencegah Mata Ikan Muncul

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi mata ikan di semua tempat. Setelah mata ikan benar-benar menghilang, lakukan beberapa cara berikut ini sebagai upaya mencegah permasalahan tersebut muncul kembali.

  • Gunakan sepatu berukuran tepat.
  • Rutin membersihkan area kaki.
  • Memotong kuku secara rutin.
  • Gunakan sarung tangan saat melakukan aktivitas tinggi.
  • Mengoleskan krim pelembap khusus kaki.

Selain itu, tingkat kesulitan serta keparahan kondisi mata ikan juga bisa mempengaruhi biaya operasinya.

 124 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja