Biaya Operasi Tahi Lalat

Bersama ini kami sampaikan informasi Biaya operasi tahi lalat, sebagai berikut:

Tahi lalat, yang bagi sebagian orang dirasa mengganggu bisa dihilangkan melalui beberapa metode medis seperti operasi. Biaya operasi tahi lalat bervariasi, tergantung teknik removalnya dan lokasi melakukan operasi.

Sebelum mengetahui berapa sih biaya operasi tahi lalat, sebaiknya kamu juga menyimak dulu ulasan tentang tahi lalat dan alasan menghapusnya.

Perlu diketahui, alasan menghapus tahi lalat bukan saja karena masalah penampilan, lho. Berdasarkan informasi Alodokter, tahi lalat terkadang harus dioperasi karena dicurigai sebagai kanker.

Beberapa tahi lalat yang perlu diwaspadai adalah ukurannya yang besar (lebih dari 6 cm), tidak beraturan, keras, gatal dan berdarah serta kulit disekitarnya menjadi kering atau bersisik. Kalau sudah seperti itu sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter, ya!

Biaya menghilangkan tahi lalat berkisar antara Rp1 juta hingga Rp4 juta. Namun, bisa lebih dari itu karena belum termasuk obat.

Sebelum melakukan operasi, ada baiknya bila mengetahui dulu prosedur operasi dan risiko apa saja yang mungkin dialami. Simak penjelasan berikut ini:

Prosedur operasi tahi lalat menurut aturan medis

Sebelum melakukan operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada bentuk, warna, serta ukuran tahi lalat.

Ini merupakan langkah awal guna mengetahui kemungkinan tahi lalat tersebut adalah kanker atau memang tanda lahir saja.

Baca Juga:   Biaya Bangun Toko Ukuran 3×4 dan 4 x 6

Seperti prosedur medis lain, dokter pun akan menjelaskan risiko apa saja yang disebabkan operasi tahi lalat ini. Meski bukan operasi berat, mengangkat tahi lalat tetap ada risikonya, lho!

Kalau sudah mengetahui kondisi dan risikonya, perlu diketahui prosedur apa saja yang bisa dilakukan. Mengutip dari Hellosehat, berikut enam prosedur umum yang biasa dipakai guna mengangkat tahi lalat.

1. Memakai krim

Untuk beberapa kasus, tahi lalat bisa dihilangkan tanpa harus melakukan operasi. Cukup dengan krim yang bekerja dengan membakar kulit dari dalam. Namun, beberapa krim mengharuskan menggores kulit tahi lalat dulu sebelum dioles agar krim bisa masuk.

Cara ini meninggalkan risiko yang tidak menyenangkan seperti bekas luka, lubang dan rentan terhadap infeksi. Pertimbangkan baik-baik, ya!

2. Pembekuan

Metode pembekuan atau cryotherapy adalah salah satu metode yang bisa diterapkan dokter. Caranya dengan menyemprotkan nitrogen cair yang sangat dingin ke bagian tahi lalat.

Tahi lalat akan melepuh dan setelah itu mulai sembuh dengan sendirinya. Teknik ini memerlukan anestesi lokal atau pembiusan karena akan sedikit sakit.

3. Menggunakan laser

Metode laser dinilai cukup baik untuk menghilangkan tahi lalat karena bekas luka yang ditimbulkan sedikit. Tetapi, teknik ini hanya disarankan untuk tahi lalat yang berukuran kecil dan datar saja.

Baca Juga:   Mau Usaha Franchise SPBU? Berikut Biaya yang Harus Disiapkan

Sinar laser menargetkan pigmen kulit tertentu lalu menguapkannya. Hampir sama dengan pembekuan, teknik ini juga sedikit sakit karena itu perlu anestesi.

Prosedur lain

4. Pembakaran

Metode pembakaran dilakukan dengan menggunakan kawat steril yang dialiri listrik. Kawat panas akan membakar lapisan teratas tahi lalat secara perlahan.

Sayangnya, metode ini tidak bisa dilakukan sekali agar tahi lalat benar-benar hilang.

5. Pembedahan

Cara mengangkat tahi lalat dengan pembedahan efektif untuk ukuran tahi lalat yang besar. Prosedurnya harus dilakukan oleh dokter yang profesional karena menggunakan alat medis seperti pisau dan gunting bedah.

Proses penyembuhannya berlangsung selama 3-7 hari dan tanda kemerahan akan menghilang selama beberapa bulan.

6. Eksisi elips

Metode operasi eksisi elips dipilih terutama untuk kasus tahi lalat terindikasi kanker. Cara yang dilakukan adalah mencongkel tahi lalat sampai ke akar-akarnya dan menutup bekasnya dengan jahitan.

Metode ini boleh dikatakan yang paling efektif dari semuanya terutama bila seseorang tidak cocok dengan metode pembedahan dan laser.

Perawatan lanjutan setelah prosedur penghilangan tahi lalat

Setelah melakukan penghilangan tahi lalat, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Jika memakai metode operasi, jangan lakukan gerakan secara berlebihan agar tidak merusak jahitan.

Baca Juga:   Biaya BPJS Kesehatan Sesuai Dengan Tingkat Kelasnya

Ketahui jenis benang apa yang digunakan saat menjahit tahi lalat. Bila memakai jenis benang yang tidak diserap oleh tubuh, maka harus dikeluarkan setelah luka dianggap sembuh.

Estimasi biaya operasi tahi lalat

Pada dasarnya, biaya operasi tahi lalat bervariasi tergantung metode, lokasi, dan pihak yang melakukan operasi.

Pengalaman seorang blogger bernama Ismarlina, misalnya menghabiskan biaya sekitar Rp2, 7 juta untuk melakukan dua kali operasi tahi lalat di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta. Biaya tersebut sudah termasuk konsultasi dokter, kontrol pasca operasi, pemeriksaan darah, tindakan bedah eksisi, dan obat.

Lain halnya dengan operasi di rumah sakit, metode laser yang digunakan klinik kecantikan biayanya sekitar Rp1 juta hingga Rp5 juta.

Salah satunya, metode laser di Erha Clinic Semarang yang biayanya sekitar Rp1,1 juta. Biaya itu belum termasuk antibodi, obat dan konsultasi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 22 total views,  3 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja