Biaya Pasang Rem ABS Mobil

Berikut kami informasikan mengenai Biaya Pasang Rem ABS Mobil, sebagai berikut:

Sistem rem ABS sendiri memiliki empat komponen utama yang saling terkait satu sama lain. Keempat komponen tersebut adalah sensor kecepatan yang berfungsi membaca kecepatan putaran roda, terdapat di setiap roda atau di diferensial (tergantung dari pabrik), katup pengereman yang dikendalikan oleh controller ABS, pompa untuk mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan katup ke rem, dan controller yang mengendalikan katup dan mengolah data dari sensor kecepatan.

Sistem pengereman ABS (dan juga EBD atau electronic brake force distribution) bisa dikatakan sebagai teknologi canggih yang menambah kenyamanan dan keamanan ketika berkendara, dan saat ini jamak berada di kendaraan produksi terbaru. Sistem rem canggih ini membantu agar kendaraan tidak melintir ketika pengemudi melakukan rem mendadak di situasi darurat.

Baca Juga:   Biaya Uji Laboratorium untuk Produk Makanan di Sejumlah Lembaga

Biaya Pasang Rem ABS Mobil

Untuk pemasangan sistem ABS pada rem mobil, memang diperlukan biaya yang tidak sedikit. Harga komponen ABS-nya saja untuk merk Blue Thunder, yang diklaim cocok untuk semua brand dan jenis kendaraan, baik sedan, Jeep, minibus, hingga motor ber-cc besar yang memakai sistem rem hydraulic, saat ini ditawarkan dengan harga Rp1,5 juta hingga Rp2,5 jutaan per set di kawasan Jakarta, relatif belum banyak berubah dari tahun sebelumnya. Namun, harga tersebut belum termasuk dengan biaya pemasangan.

Sekadar informasi, rem ABS biasanya mengalami permasalahan pada bagian sensor. Biaya penggantian sensor bisa mencapai Rp2,6 jutaan per sensor, tergantung tipe mobil. Untuk mobil All New Honda Jazz RS, harga sensor ABS bekas saja bisa dijual dengan harga sekitar Rp3,5 jutaan. Jadi, jika Anda ingin memasang rem ABS, memang harus menyiapkan anggaran yang lumayan besar.  Sementara itu, harga sebuah aktuator ABS dan ECU atau modul ABS-nya, berkisar Rp1,5 jutaan ke atas, tergantung merk dan tipe kendaraan.

Baca Juga:   Biaya Pasang Kaca Film Mobil

Yang perlu dicatat, perangkat ABS ternyata tidak disarankan untuk diaplikasikan sendiri atau di luar pemasangan resmi dari pabrikan. Pasalnya, pemasangan ABS memerlukan suatu program khusus karena terintegrasi juga dengan ECU pada kendaraan, sehingga tidak mungkin untuk diaplikasikan sendiri. Tidak hanya itu, ABS juga memiliki banyak komponen dan teknologi lain, sehingga memang tidak memungkinkan untuk dipasang sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 1,738 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja