Biaya Perbaikan Mobil Lecet

Bersama ini kami sampaikan informasi Biaya perbaikan mobil lecet, sebagai berikut:

Penyebab Mobil Lecet

Sebagian besar pemilik mobil pasti pernah menemukan goresan pada bodi kendaraan mereka. Goresan atau lecet ini dapat terjadi karena banyak hal, misalnya kecelakaan ringan, menyerempet suatu benda, hingga ulah jahit tangan manusia yang disengaja. Secara umum, lecet pada mobil dapat dibedakan menjadi tiga kategori, yakni baret atau lecet ringan, lecet sedang, serta lecet berat.

Untuk lecet ringan, baret tidak terlalu merusak cat mobil, sebab goresannya cukup kecil dan hampir tidak terlihat. Goresan ini dapat terjadi akibat bodi tidak sengaja terkena benda tajam seperti kuku. Sementara, baret sedang dapat terlihat lebih jelas, walaupun tidak terlalu merusak susunan cat pada tubuh kendaraan. Meski begitu, lecet ini tetap saja membuat tampilan kendaraan menjadi tidak elok. Biasanya, lecet sedang disebabkan bodi terkena ranting atau pohon.

Baca Juga:   Biaya Cetak Foto Kanvas Semua Ukuran Terupdate

Terakhir, goresan yang dalam dapat dikategorikan parah. Baret ini dapat merusak susunan cat bodi kendaraan yang dapat dilihat secara jelas. Lecet seperti ini biasanya terjadi karena kecelakaan berat atau menyerempet kendaraan lainnya, sehingga membuat lapisan dasar mobil menjadi rusak, termasuk logam yang terdapat pada bagian bodi kendaraan.

Tips Perbaiki Lecet Mobil

Jika goresan masih dalam kategori ringan, pemilik tidak usah terburu-buru membawa kendaraan mereka ke bengkel reparasi. Pasalnya, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki goresan tersebut. Cara yang dapat dikatakan efektif untuk hal ini adalah memakai kompon. Pasalnya, kandungan zat abrasif pada kompon diklaim mampu menghaluskan baret, membuat bodi mobil tampak lebih halus.

Biaya Perbaikan Mobil Lecet

Apabila goresan atau baret sudah masuk kategori berat, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel reparasi. Saat ini, sudah banyak bengkel yang menyediakan layanan perbaikan bodi mobil, baik itu bengkel resmi maupun bengkel umum. Biaya yang dipatok bervariasi, tergantung tingkat lecet dan seberapa banyak ditemukan goresan pada kendaraan.

Baca Juga:   Biaya Jasa Dekorasi Acara Lamaran

Di bengkel bodi dan cat Mitsubishi misalnya, biaya perbaikan lecet mobil berkisar Rp650 ribu per panel untuk tipe Mirage dan Rp900 ribuan per panel untuk varian Pajero Sport. Harga tersebut belum termasuk biaya perbaikan rangka kendaraan apabila mengalami penyok akibat kecelakaan. Biasanya, proses pengerjaan perbaikan membutuhkan waktu tiga sampai satu minggu untuk kategori ringan hingga sedang.

Jika kebetulan kendaraan Anda adalah Avanza, Anda bisa memperbaiki lecet mobil di bengkel resmi Toyota. Biaya perbaikan umumnya dihitung per panel, dengan harga sekitar Rp900 ribuan serta waktu pengerjaan sekitar satu hingga tiga hari, tergantung tingkat kerusakan. Selain itu, pihak Toyota pun menyediakan layanan perbaikan cat, dengan kisaran harga Rp330 ribuan hingga Rp1,1 jutaan per panel.

Baca Juga:   Biaya Pemasangan Lantai Kayu

Selain di bengkel resmi, Anda pun bisa melakukan perbaikan di bengkel umum. Mengenai biaya, tidak ada patokan harga resmi, semuanya tergantung penawaran dan kesepakatan. Jika diambil rata-rata, biaya perbaikan lecet untuk lebih dari satu titik, berkisar Rp200 ribu sampai Rp900 ribu. Sementara, jika lecet hanya terjadi di satu bagian, bumper misalnya, biayanya dipatok Rp350 ribu sampai Rp400 ribuan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 14 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja