Biaya Pasang Rem ABS pada Mobil

Berikut kami informasikan mengenai biaya pasang rem ABS pada mobil, sebagai berikut:

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting yang harus ada (dan bekerja) di setiap kendaraan bermotor, tidak terkecuali mobil. Nah, untuk lebih meningkatkan keamanan selama perjalanan, saat ini sudah banyak pemilik mobil yang memasang rem dengan sistem ABS pada kendaraan mereka, meski harus mengeluarkan biaya yang terbilang cukup mahal.

Sistem rem anti-terkunci atau ABS (anti-lock braking system) merupakan sistem pengereman pada mobil (dan juga sepeda motor) untuk menghentikan penguncian roda ketika terjadi pengereman secara mendadak atau keras. Sistem pengereman ABS ini sendiri diadopsi dari teknologi serupa yang banyak digunakan pada moda transportasi pesawat terbang.

Baca Juga:   Biaya Konsultasi ke Dokter Spesialis Anak di Berbagai Rumah Sakit

Harga Pasang Rem ABS Mobil

Untuk pemasangan sistem ABS pada rem mobil, memang diperlukan biaya yang tidak sedikit. Harga komponen ABS-nya saja untuk merek Blue Thunder, yang diklaim cocok untuk semua merk dan jenis kendaraan, baik sedan, Jeep, minibus, hingga motor ber-cc besar yang memakai sistem rem hydraulic, saat ini ditawarkan dengan harga Rp1.500.000 per set di kawasan Jakarta. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya pemasangan.

Sekadar informasi, rem ABS biasanya mengalami permasalahan pada bagian sensor. Biaya penggantian sensor bisa mencapai Rp2,6 jutaan per sensor, tergantung tipe mobil. Untuk mobil All New Honda Jazz RS harga sensor ABS bekas saja bisa dijual dengan harga sekitar Rp3,5 jutaan. Jadi, jika Anda ingin memasang rem ABS, memang harus menyiapkan anggaran yang lumayan besar.

Baca Juga:   Mau Usaha Rental Mobil? Berikut Biaya dan Keuntungannya

Yang perlu dicatat, perangkat ABS ternyata tidak disarankan untuk diaplikasikan sendiri atau di luar pemasangan resmi dari pabrikan. Pasalnya, pemasangan ABS memerlukan suatu program khusus karena terintegrasi juga dengan ECU pada kendaraan, sehingga tidak mungkin untuk diaplikasikan sendiri. Tidak hanya itu, ABS juga memiliki banyak komponen dan teknologi lain, sehingga memang tidak memungkinkan untuk dipasang sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya pasang rem ABS pada mobil, semoga bermanfaat

 32 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja