Biaya Sertifikasi PFM (Professional Financial Modeler)

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Sertifikasi PFM (Professional Financial Modeler). Seorang analis keuangan yang andal dituntut untuk memiliki keterampilan dalam memahami konsep keuangan dan pemodelan keuangan. Agar lebih paham konsep tersebut, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengikuti ujian professional financial modeler (PFM). Dengan mengantongi sertifikasi PFM ini diyakini bisa meningkatkan kredibilitas Anda. Tak heran jika kemudian biaya pelatihan dan sertifikasi PFM cukup mahal.

PFM sendiri merupakan program sertifikasi keuangan yang menggabungkan pemahaman teknik analisis keuangan dengan pemodelan menggunakan spreadsheet. Program sertifikasi PFM memungkinkan Anda untuk memperoleh gelar PFM di belakang nama Anda jika Anda lulus tes 1 level. Gelar ini akan meningkatkan kredibilitas profesional dan karier Anda di dunia keuangan. Selain itu, gelar ini berlaku secara global.

Pelatihan ini akan fokus pada topik-topik seperti persiapan proyeksi keuangan, penilaian menggunakan 6 metode yang diakui secara internasional, mengembangkan analisis kelayakan, analisis kredit , dan mempelajari berbagai anomali yang sering menyebabkan bias fatal dalam analisis kelayakan. Financial modeler nantinya terutama bertanggung jawab atas desain dan membangun model. Mereka juga diharapkan untuk mengelola proses pemodelan keuangan, dari awal proyek hingga saat model disampaikan dan digunakan.

Baca Juga:   Spesifikasi Meja Pingpong Donic

Seperti disebutkan sebelumnya, financial modeler datang dari sejumlah profesi yang berbeda, tetapi pada umumnya mayoritas adalah akuntan. Salah satu alasan mengapa profesi akuntansi adalah tempat berkembangnya pemodel adalah bahwa banyak pemodelan keuangan mengharuskan pemodel untuk memiliki pemahaman yang baik tentang sejumlah besar konsep keuangan. Namun, ini tidak berarti persyaratan utama untuk menjadi professional financial modeler. Yang lebih penting mungkin adalah kemampuan pemodel untuk dengan cepat mengasimilasi sejumlah besar informasi dan kemudian menyaring informasi tersebut untuk secara akurat mengidentifikasi masalah mendasar.

Tentang Ujian Sertifikasi PFM

Ujian PFM adalah ujian satu hari penuh yang terdiri dari ujian pilihan ganda menggunakan pensil dan kertas atau komputer (tergantung pada pengaturan untuk setiap pusat ujian) dan ujian berbasis komputer yang diberikan sebagai ujian satu tingkat. Ujian yang disampaikan biasanya dalam bahasa Inggris.

Namun, untuk pertanyaan esai dalam Ujian Praktik Komputer, peserta ujian dapat menjawab dalam bahasa lain sesuai keinginan mereka dan siswa kelas ujian akan menggunakan perangkat lunak terjemahan yang tersedia untuk menerjemahkan teks ke dalam bahasa Inggris untuk tujuan penilaian. Perlu diperhatikan juga bahwa karena keterbatasan terkait perangkat lunak, terjemahan dari bahasa ke bahasa lain mungkin tidak menggambarkan arti yang dimaksud. Dalam kasus seperti itu, grader akan merujuk ke versi terjemahan teks untuk penilaian.

Baca Juga:   Biaya, Syarat & Cara Daftar Menjadi Agen Ice Cream Aice Terbaru

Ujian PFM memakan durasi selama 7,5 jam yang terdiri dari beberapa pilihan dan Ujian Praktik Komputer. Ujian pilihan ganda terdiri dari 100 soal pilihan ganda yang harus diselesaikan dalam 2,5 jam dan ujian praktik komputer terdiri dari 1 pertanyaan yang harus dijawab dengan menyiapkan model keuangan lengkap dalam bentuk spreadsheet dalam 5 jam. Tidak ada penalti atau hukuman untuk setiap jawaban yang salah.

Untuk mendapat PFM Designation, kandidat harus lulus kedua ujian tersebut, baik pilihan ganda maupun Ujian Praktik Komputer. Peserta yang gagal atau tidak lulus ujian bisa mengikuti ujian lagi cukup dengan mengambil modul yang gagal. Setidaknya peserta diberikan kesempatan 3 kali untuk ujian ulang. Apabila peserta gagal pada ujian keempat, maka peserta harus ikut pelatihan persiapan PFM lagi.

Pihak IFMI nantinya akan mengirimkan pemberitahuan hasil ujian melalui email tiap peserta dalam waktu 2-3 bulan setelah ujian. Peserta harus mendapatkan skor minimum 60 di kedua modul agar dapat dinyatakan lulus dan mengantongi sertifikat PFM. Syarat untuk mengikuti ujian PFM, peserta harus mengunggah dokumen-dokumen persyaratan seperti kartu identitas yang valid, foto, dan CV (riwayat hidup) terbaru.

Baca Juga:   Biaya Uji Laboratorium untuk Produk Makanan di Sejumlah Lembaga

Biaya Sertifikasi PFM

Ada beberapa lembaga yang dipercaya menjadi penyelenggara pelatihan dan ujian sertifikasi PFM, salah satunya adalah RJ Consulting dan MM UGM yang bekerja sama dengan IFMI (International Financial Modeling Institute). Saat ini, biaya ujian PFM di RJ Consulting sebesar USD 650 atau setara Rp9,29 jutaan (kurs 1 USD = Rp14.300). Sementara, harga materi kursus PFM berkisar USD 25 hingga USD 149 atau mulai Rp357 ribuan. Sebagai perbandingan, tahun lalu, biaya PFM Certificate dan training program di lembaga tersebut dipatok Rp14 juta.

 190 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja