Biaya Service Radiator Mobil

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Service Radiator Mobil, sebagai berikut:

Radiator adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting karena berfungsi sebagai sistem pendingin. Radiator akan mendinginkan air panas dari mesin yang masuk ke upper tank dan pipa-pipa radiator kemudian disalurkan kembali melalui lower tank.

Sistem pendingin ini didukung oleh tiga komponen lainnya seperti cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Ini merupakan elemen penentu baik atau tidaknya performa mesin mobil.

Oleh karena itu wajib bagi pengguna mobil untuk selalu merawat radiator. Penasaran dengan harga service radiator mobil? Simak biaya service radiator berdasarkan kerusakannya, yuk.

Estimasi Biaya Service Radiator Mobil

1. Biaya melepas radiator mobil

Melepas radiator saja membutuhkan keahlian dan alat-alat yang sesuai. Jika asal dilepas, bisa-bisa radiator mobil malah rusak. Jadi, jika kamu tidak bisa melepasnya sendiri, sebaiknya serahkan kepada bengkel terdekat saja, ya.

Biasanya radiator dilepas jika mengeluarkan bunyi “ngorok”. Proses melepas radiator mobil dikenakan biaya sekitar Rp 200 ribu sampai dengan Rp 250 ribu. Biaya ini berlaku untuk semua jenis mobil, baik yang transmisi manual maupun matik.

Baca Juga:   Harga Busi Avanza Original (All Merk) Terbaru

Setelah radiator mobil dilepas, selanjutnya radiator akan dibersihkan lalu dilakukan pengecekan menyeluruh. Jadi harga service radiator di atas bukan hanya jasa melepas saja, ya. Jika tidak ada kerusakan, maka radiator akan dipasang kembali pada mobil.

2. Estimasi ongkos pengecekan radiator

Radiator bisa saja hanya dilakukan pengecekan, tanpa melepas dan pembersihan. Pengecekan radiator ini juga meliputi selang radiator, dan pengisian ulang air radiator (menggunakan air mineral atau air keran).

Jika kamu ingin menggunakan cairan khusus radiator, tentu saja ada biaya tambahan. Pastinya mengisi radiator dengan cairan khusus radiator akan membuat performa yang lebih baik pada mobil kamu.

Harga service radiator mobil untuk pengecekan saja tidak mahal, hanya sekiar Rp100 ribuan.

3. Biaya service radiator

Setiap bengkel memberikan tarif perbaikan yang berbeda-beda. Namun biaya service radiator mobil tentunya tak akan jauh berbeda antara bengkel spesialis dengan bengkel umum.

Biasanya, biaya service radiator mobil di bengkel resmi akan lebih mahal dibandingkan dengan bengkel umum. Rata-rata, biaya service untuk radiator mobil di bengkel resmi berkisar antara Rp250-400 ribu. Tergantung seberapa parah kerusakan radiator mobil kalian.

Baca Juga:   Biaya Service Radiator Mobil

Berbeda dengan bengkel mobil resmi, untuk harga service radiator di bengkel umum biasa hanya sekitar Rp175-350 ribuan saja. Namun tergantung tingkat kerusakan yang terjadi pada radiator mobil kalian.

Semakin parah kerusakan radiator mobil. Maka, semakin mahal pula biaya service yang harus Anda keluarkan pastinya.

Ongkos service radiator ini memang berbeda-beda di setiap bengkel mobil. Hal ini disebabkan oleh jenis layanan serta kecekatan montir di bengkel tersebut. Apabila Anda men-service radiator di bengkel ternama.

Bisa jadi, biaya service radiator mobil ini lebih mahal ketimbang service radiator di bengkel mobil biasa. Rata-rata, biaya service untuk radiator mobil di bengkel ternama ini berkisar antara Rp250-400 ribu. Tergantung seberapa parah kerusakan radiator mobil Anda. Berbeda dengan bengkel mobil biasa.

Di bengkel tersebut, harga service radiator ini dipatok dengan harga Rp175-350 ribu. Tergantung pula dengan tingkat kerusakan radiator mobil. Semakin parah kerusakan radiator mobil. Maka, semakin mahal pula biaya service yang harus Anda keluarkan pastinya.

Baca Juga:   Harga Ban Gokart (Depan dan Belakang) Per 26 April 2021

4. Biaya kuras radiator

Meskipun tidak terlalu penting, radiator mobil kamu perlu sesekali dikuras setiap jangka waktu tertentu untuk menghindari korosi pada radiator. Kamu bisa menggantinya setiap 5.000 km atau 2 bulan sekali.

Air radiator juga sebaiknya menggunakan cairan khusus radiator seperti air coolant radiator, radiator super coolant, ataupun antifreeze coolant protector.

Biaya service radiator untuk pengurasan masih cenderung terjangkau. Sekitar Rp20-30 ribuan saja. Namun, untuk penggantian cairan radiator khusus harganya sedikit lebih mahal, yaitu Rp50-85 ribuan untuk kemasan satu liter.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Service Radiator Mobil, semoga bermanfaat.

 152 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja