Biaya Tabungan Mabrurd dan Produk Tabungan Haji BSI (Ex BRI Syariah)

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Tabungan Mabrurd dan Produk Tabungan Haji BSI (Ex BRI Syariah), sebagai berikut:

BRI Syariah pada mulanya merupakan sebuah bank yang bernama Bank Jasa Arta. Bank ini diakuisisi oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Pada tahun 2007 dan resmi beroperasi setahun setelahnya sebagai Bank BRISyariah. Namun, Anda tak lagi dapat transaksi di BRI Syariah iB, lantaran kini sistemnya telah bergabung dalam Bank Syariah Indonesia (BSI). Tarif administrasi di BSI terpantau gratis alias tidak dikenai biaya.

BRI Syariah dikenal sebagai bank berbasis syariah terbesar ke-3 di Indonesia jika dihitung berdasarkan asetnya. Berfokus pada masyarakat di segmen menengah ke bawah, PT. Bank BRISyariah menargetkan diri untuk menjadi bank ritel syariah modern terkemuka dengan beragam produk dan layanan perbankan.

Saat ini, produk dan layanan dari BRISyariah iB sudah tidak dapat lagi dirasakan oleh nasabah. Pasalnya, mulai 1 Februari 2021 lalu, tiga bank syariah yakni BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah resmi merger menjadi satu yakni menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Tak heran jika pihak perbankan melakukan proses migrasi nasabah secara bertahap mulai 1 Februari hingga 1 Oktober 2021. Kemudian pada 1 November 2021, diharapkan seluruh jaringan Bank Syariah Indonesia bisa terintegrasi.

Selama proses migrasi, nasabah bisa menggunakan jaringan ATM dari masing-masing bank asal. Selain itu, nasabah juga bisa menggunakan ATM dari jaringan ATM yang bekerja sama yakni jaringan ATM Prima, ATM Bersama dan GPN. Nah, bagi Anda yang tertarik membuka rekening di Bank Syariah Indonesia. Berikut informasi cara membuka rekening tabungan BSI.

Baca Juga:   Manfaat dan Biaya Tabungan Mabrur dan Tabungan Mabrur Junior Bank Syariah Mandiri

Cara Membuka Rekening Tabungan BSI

  1. Unduh aplikasi “BSI Mobile” di perangkat ponsel pintar.
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih “Buka Rekening”.
  3. Pilih jenis rekeningnya Easy Wadiah atau Easy Mudharabah. (untuk pembukaan rekening di BSI Mobile hanya dikhususkan untuk Tabungan Easy).
  4. Pilih jenis kartu ATM yang diinginkan.
  5. Mengisi informasi kontak seperti email dan nomor ponsel yang aktif, lalu pilih “Selanjutnya”.
  6. Tunggu beberapa saat hingga muncul SMS yang berisikan kode OTP.
  7. Masukkan 6 digit kode OTP tersebut sesuai instruksi layar.
  8. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi data diri dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP dan foto selfie dengan KTP.
  9. Anda akan diminta untuk mengunggah foto tanda tangan di atas selembar kertas putih dan mengisi informasi mengenai pekerjaan.
  10. Untuk proses terakhir, Anda dapat memilih lokasi Kantor Cabang BSI untuk pembukaan rekening. Setelah itu, Anda akan dihubungi oleh petugas BSI untuk proses verifikasi.

Apabila verifikasi disetujui, Anda bisa mengunjungi Kantor Cabang BSI yang telah dipilih sebelumnya untuk melakukan setoran awal dan pengambilan buku tabungan beserta kartu ATM. Sementara itu, BSI menawarkan dua jenis tabungan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga:   Besaran Biaya Saldo Awal Buka Rekening BCA

Jenis Tabungan BSI

Tabungan Wadiah BSI

Tabungan ini menggunakan skema penitipan yakni nasabah bertindak sebagai penitip dana dan memberikan amanah kepada pihak bank untuk memanfaatkan dana tersebut. Selain itu, pada tabungan wadiah, tidak ada perjanjian berupa pemberian bonus. Namun, pihak bank bisa saja memberikan insentif secara sukarela tanpa melalui kesepakatan.

Tabungan Mudharabah

Produk ini memiliki skema kerja sama antara nasabah dan pihak bank. Nasabah tidak hanya sebatas menitipkan dana saja, tetapi juga mengizinkan pihak bank untuk mengelolanya demi mencapai keuntungan. Keuntungan tersebut kemudian dibagi kepada pihak bank dan nasabah sesuai dengan kontraknya.

Saat menjadi BRISyariah, salah satu produk unggulannya yakni Tabungan Haji, maka di Bank Syariah Indonesia (BSI) produk tabungan hajinya lebih dikenal dengan nama Tabungan Mabrur. Untuk info lebih jelas, berikut keunggulan Tabungan Mabrur BSI yang ditawarkan bagi nasabah.

Produk Tabungan Mabrur BSI

Tabungan ini berbentuk tabungan rupiah, yang dikhususkan untuk persiapan keberangkatan haji dan umroh nasabah. Para nasabah yang berniat untuk menunaikan ibadah di Tanah Suci, dapat membuka tabungan ini agar uang tidak terpakai. Nilai setoran pun relatif ringan dan jika sudah terkumpul, maka akan didaftarkan ke Siskohat Kementerian Agama.

Keunggulan Tabungan Mabrur BSI

  • Apabila telah terdaftar nomor porsi, nasabah bisa menggunakan kartu ATM di provider VISA dan Mastercard.
  • Mendapat layanan e-banking, mulai dari SMS banking, mobile banking, dan internet banking.
  • Tidak ada biaya administrasi.
  • Mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan porsi keberangkatan haji.
  • Pelunasan biaya haji bisa dilakukan online.
Baca Juga:   Biaya Haji Plus & Umroh Shafira Tour dan Travel Terbaru

Berikut rincian biaya Tabungan Mabrur BSI yang perlu Anda ketahui.

Biaya Tabungan Mabrur BSI

Komponen Tabungan Biaya
Setoran Awal Rp100.000
Biaya Administrasi Gratis

Perlu diketahui, sesuai kebijakan BSI dana tabungan Anda tidak dapat ditarik sewaktu-waktu. Berikut cara membuka tabungan BSI. Bagi Anda yang berminat untuk memanfaatkan produk Tabungan Mabrur BSI ini, berikut persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon nasabah sebelum membuka rekening.

Syarat Buka Rekening Tabungan Mabrur BSI

  • Melampirkan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Melampirkan fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (untuk pembukaan bagi anak-anak)

Apabila Anda tertarik untuk membuka Tabungan Mabrur BSI atau membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa mengunjungi kantor-kantor cabang BSI terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Tabungan Mabrurd dan Produk Tabungan Haji BSI (Ex BRI Syariah), semoga bermanfaat.

 823 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja