Biaya Terbaru Fiskal ke Luar Negeri (FLN) Telah Dihapus

Berikut kami informasikan mengenai biaya terbaru FLN telah dihapus, sebagai berikut:

Beberapa dari Anda mungkin masih bertanya-tanya apa pengertian dari fiskal luar negeri (FLN). Fiskal luar negeri adalah sejumlah biaya yang harus dibayarkan secara langsung oleh setiap orang saat hendak bepergian ke luar negeri. Sebelumnya, Indonesia menetapkan biaya fiskal ke luar negeri sebesar Rp2,5 juta per orang bagi yang hendak bepergian dengan naik pesawat melalui jalur udara, sedangkan bagi orang-orang yang naik kapal laut ke luar negeri dikenai biaya fiskal luar negeri (FLN) lebih murah, yakni Rp1 juta per orang.

Syarat Sebelum ke Luar Negeri

  • Mengurus paspor dan visa. Pembuatan paspor di imigrasi biasanya tak lebih dari 1 minggu (5 hari kerja), namun hal ini biasanya tergantung pada jumlah antrean. Untuk mengurus paspor, Anda setidaknya perlu mempersiapkan dokumen-dokumen penting seperti KTP, akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), ijazah terakhir, surat keterangan bekerja, hingga NPWP. Sementara, pembuatan visa bisa dilakukan melalui travel agent atau kedutaan besar negara yang hendak Anda tuju. Biaya pembuatan visa di setiap negara bisa berbeda-beda. Pastikan Anda telah mengurus visa sejak jauh-jauh hari, setidaknya 1-2 bulan sebelum keberangkatan.
  • Jangan lupa siapkan biaya untuk membuat paspor dan visa. Biaya pembuatan paspor saat ini adalah sebesar Rp350.000 untuk Paspor Biasa 48 halaman dan Rp650.000 untuk Paspor Elektronik 48 halaman.
  • Booking tiket pesawat dan hotel. Hal ini biasanya berkaitan dengan persyaratan membuat visa. Beberapa negara biasanya mewajibkan Anda menyerahkan data yang jelas, termasuk keterangan seputar booking tiket pesawat dan hotel.
  • Menukar uang. Pastikan Anda membawa uang cash dalam mata uang lokal negara yang Anda tuju untuk berjaga-jaga apabila ada keperluan mendadak atau tidak tersedianya ATM atau fasilitas money changer di luar negeri. Jangan lupa juga membawa uang dalam satuan dolar AS sebagai cadangan.
  • Bawa barang bawaan seperlunya. Barang yang harus dibawa saat liburan ke luar negeri sebaiknya hanya yang penting saja dan berkaitan dengan kebutuhan Anda, misalnya obat-obatan pribadi, pakaian secukupnya, kosmetik, alas kaki, dan sebagainya. Ingat, jangan membawa barang berlebihan agar Anda tak dikenai biaya kelebihan bagasi (over baggage).
  • Urus imigrasi di negara tujuan. Ketika tiba di negara tujuan, Anda masih akan kembali berurusan dengan petugas imigrasi di bandara. Anda cukup mengantre secara tertib, nantinya petugas hanya menanyai beberapa hal seputar kunjungan Anda ke negara tujuan.
  • Jangan membawa barang palsu. Barang-barang palsu seperti tas imitasi terkadang justru menjadi hal yang merepotkan saat dibawa ke luar negeri, misalnya saja disita oleh petugas atau sebagainya.
Baca Juga:   Biaya Renovasi Kamar Mandi

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

 23 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja