Biaya Tes Buta Warna Terbaru

Berikut kami informasikan mengenai Biaya tes buta warna, sebagai berikut:

Buta warna, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Buta warna merupakan suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan faktor genetis. Buta warna adalah kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X.

Buta warna dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu trikomasi, dikromasi, dan monokromasi.

  • Trikomasi, adalah perubahan sensitivitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Jenis buta warna ini paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya. Ada tiga macam trikomasi, yaitu protanomali (kelemahan warna merah), deuteromali (kelemahan warna hijau), dan tritanomali (kelemahan warna biru).
  • Dikromasi, merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut. Buta warna ini terdiri dari protanopia (tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang), deuteranopia (tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap warna hijau), dan tritanopia (tidak adanya sel kerucut yang peka untuk warna biru).
  • Monokromasi, ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan hitam pada jenis tipikal dan sedikit warna pada jenis atipikal. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.
Baca Juga:   Biaya Rontgen (CT Scan) Kepala

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau tidak, bisa dilakukan dengan tes Ishihara, yang menggunakan lingkaran-lingkaran berwarna yang dibuat dengan tulisan tertentu, yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna. Tes ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1917 di Jepang dan terus digunakan di seluruh dunia hingga sekarang.

Tes buta warna Ishihara sendiri terdiri dari plat atau lembaran yang di dalamnya terdapat titik-titik dengan berbagai warna dan ukuran. Titik-titik tersebut membentuk lingkaran, dan warna titik itu dibuat sedemikian rupa sehingga orang buta warna tidak akan melihat perbedaan warna seperti yang dilihat orang normal.

Jika Anda pernah mengurus pembuatan SIM, Anda pasti juga pernah melakukan tes Ishihara ini. Beberapa institusi juga memberlakukan tes buta warna ini sebelum merekrut pegawai atau karyawan baru. Terkadang, syarat tidak atau bebas buta warna juga diberlakukan perguruan tinggi bagi para calon mahasiswa baru.

Baca Juga:   Biaya Hitung Darah Terbaru

Selain di institusi tertentu, tes buta warna ini bisa dilakukan di rumah sakit atau puskesmas terdekat dari tempat tinggal Anda. Biaya tes buta warna di rumah sakit bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing RS. Biasanya, biaya yang dikenakan untuk tes buta warna di rumah sakit umum sekitar Rp68.000 hingga Rp75.000.

Misalnya, melakukan tes buta warna di Rumah Sakit Yogyakarta (Wirosaban) hanya dibanderol dengan tarif Rp30 ribu. Sementara, jika Anda melakukan tes di puskesmas, Anda cukup merogoh kocek mulai Rp15.000.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 7 total views,  1 views today