Biaya Training BOSIET 2020

Bersama ini kami sampaikan informasi Biaya training BOSIET, sebagai berikut:

Basic Offshore Safety Induction & Emergency Training, lebih dikenal sebagai BOSIET, merupakan sertifikasi yang dianggap penting untuk dimiliki pekerja lepas pantai demi melatih mereka mencegah dan bertindak dalam keadaan darurat yang mungkin terjadi ketika bekerja di lepas pantai. Diakui oleh lembaga non-profit Offshore Petroleum Industry Training Organization (OPITO), untuk mendapatkan sertifikat ini, bisa mengikuti training dengan biaya mencapai angka jutaan rupiah.

Sekilas Tentang BOSIET

BOSIET, atau Basic Offshore Safety Induction & Emergency Training, seperti dituliskan di atas, adalah sertifikasi yang dianggap penting untuk dimiliki pekerja lepas pantai demi melatih mereka mencegah dan bertindak dalam keadaan darurat yang mungkin terjadi ketika bekerja di lepas pantai. Jika sertifikat BOSIET telah terakreditasi OPITO, dikatakan diterima di seluruh dunia.

Umumnya, banyak orang yang masih bingung mengenai perbedaan BOSIET dengan T-BOSIET. BOSIET adalah pelatihan yang dirancang untuk mereka yang bekerja di iklim air dingin, sedangkan T-BOSIET (Tropical-BOSIET) adalah pelatihan yang dirancang untuk mereka yang bekerja di lingkungan tropis. Selain itu, dalam pelatihan BOSIET, peserta akan menggunakan alat sulit yang sudah dilengkapi Emergency Breathing System (EBS) yang biasa digunakan untuk operasi di perairan dingin seperti wilayah Inggris dan Eropa.

Materi Pelatihan pada Training BOSIET

  • Basic fire fighting theory.
  • Practical uses of fire extinguishers, fire blanket, oil fire & gas fire.
  • Basic life support & CPR.
  • Hazard of over water operations.
  • Pre ditching drills.
  • Surface abandonment.
  • Underwater escape from SWET’s.
  • Sea Survival skills and techniques.
  • Water rescue techniques and equipment.
Baca Juga:   Biaya Ditanggung BPJS Kesehatan Untuk Kelas 1

Biasanya, selain BOSIET, banyak lembaga pendidikan yang juga menawarkan pelatihan HUET dan Sea Survival. HUET (Helicopter Underwater Escape Training) adalah latihan menyelamatkan diri dari helikopter ketika berada di dalam air. Latihan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada peserta agar dapat melakukan penyelamatan diri secara maksimal pada keadaan darurat saat helikopter terpaksa mendarat di air dan kemungkinan tenggelam.

Sementara, Sea Survival adalah teori dasar ketahanan di laut, meliputi pengenalan perangkat keamanan dan keselamatan di laut atau air, nama-namanya dan jenis-jenisnya serta cara pengoperasiannya, dan sekaligus praktik di lapangan. Namun, jika peserta sudah melakukan pelatihan BOSIET, tidak perlu mengikuti training HUET dan Sea Survival.

Biaya Training BOSIET Samson Tiara

Bagi mereka yang ingin mendapatkan sertifikat BOSIET, di dalam negeri, sudah banyak perusahaan yang menawarkan training ini. Salah satu yang cukup populer adalah Samson Tiara yang menjadi penyedia jasa training BOSIET resmi OPITO. Sayangnya, di dalam situs resminya, Samson Tiara tidak membocorkan rincian besaran biaya pelatihan BOSIET. Calon peserta dapat langsung menghubungi pihak Samson Tiara untuk mendapatkan penawaran biaya investasi terbaik.

Masih menurut sumber yang sama, Samson Tiara hanya mengatakan bahwa biaya akomodasi training BOSIET terdiri beberapa pilihan, yaitu Royale Krakatau dengan biaya akomodasi Rp937 ribuan per malam per orang untuk tipe Single atau Rp1,265 jutaan per malam untuk tipe Twin Share, dan menginap di Amaris Hotel dengan biaya mulai Rp643,5 ribuan per malam. Biaya akomodasi tersebut sudah termasuk sarapan, makan malam, dan laundry satu set. Tahun 2020 ini biaya akomodasi training BOSIET OPITO di Samson Tiara masih sama seperti tahun lalu.

Baca Juga:   Biaya Pengajuan Visa ke Amerika, Serta Syarat & Biayanya

Biaya Training BOSIET OMC

Lembaga penyedia jasa pelatihan lainnya yang menyediakan training BOSIET dengan sertifikasi OPITO adalah OMC (Oil & Gas Management Center). Di dalam situs resminya, training BOSIET, plus TSbB (Travel Safely by Boat) dikatakan telah disetujui oleh OPITO, dirancang dan dilaksanakan dengan standar OPITO untuk lokasi air dingin dan air hangat.

Kursus pelatihan BOSIET yang dilaksanakan OMC berlangsung selama tiga hari, dengan validitas kursus selama 4 tahun. Berlokasi di Green Town Warehouse No. 3-4, Bengkong, Batam, setiap peserta yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan akomodasi menginap di hotel, termasuk sarapan, makan malam, laundry, serta transportasi pesawat terbang dan minibus dari bandara ke hotel dan lokasi pelatihan.

Lalu, berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti training BOSIET selama tiga hari yang diselenggarakan OMC? Menurut situs resminya, biaya training BOSIET adalah sebesar 1.350 dolar AS per orang atau jika dikonversikan dalam kurs rupiah yang berlaku tahun 2020 ini adalah sekitar Rp19,9 jutaan. Biaya tersebut sudah termasuk sertifikat training dan akomodasi yang disebutkan di atas, namun belum termasuk PPN sebesar 10 persen.

Biaya Training BOSIET Pusat Training K3

Penyedia training BOSIET lainnya adalah Pusat Pelatihan dan Workshop K3. Lembaga ini tidak hanya menyediakan pelatihan BOSIET, melainkan juga HUET, Basic Sea Survival, dan HUET & Basic Sea Survival.

Baca Juga:   Biaya Diklat PMTC (Pertamina Maritime Training Center) 2020

Biaya Training Pelatihan BOSIET, HUET, dan Basic Sea Survival

Training Biaya (Rp) Jadwal
BOSIET 5.500.000 Setiap hari Kamis, Jumat, atau Sabtu (1-2 hari)
HUET 3.000.000 Setiap hari Kamis, Jumat, atau Sabtu (1 hari)
Basic Sea Survival 2.000.000 Setiap hari Kamis, Jumat, atau Sabtu (1 hari)
HUET & Basic Sea Survival 4.500.000 Setiap hari Kamis, Jumat, atau Sabtu (1 hari)

Hingga tahun 2020 ini, biaya training BOSIET OPITO di Pusat Training K3 juga masih relatif stabil dan belum banyak mengalami perubahan.

Biaya Training BOSIET ISC Safety School

Ini adalah lembaga yang mengadakan training-training K3 yang mengacu pada standar nasional dan internasional, bekerja sama dengan Synergy Solusi, LSP K3 (Lembaga Sertifikasi Profesi K3 yang ditunjuk BNSP), LSP Migas, NFPA, LAKESPRA, BSC, Kementerian Tenaga Kerja, dan lain-lain. Khusus untuk training BOSIET, dilaksanakan selama dua hari, dengan biaya sebesar Rp5.000.000 per orang dan besarannya masih sama seperti tahun lalu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 27 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja