Biaya Turun Mesin Motor

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Turun Mesin Motor, sebagai berikut:

Sebagai seorang pengendara sepeda motor, merawat dan menjaga kondisi mesin adalah salah satu syarat yang harus dilakukan. Apalagi kalau kendaraan ini dipakai sehari-hari dan bahkan melakukan perjalanan jauh.

Pastinya, lambat laun sepeda motor akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dan diperiksa secara berkala. Apabila sepeda motor mengalami kerusakan berat hingga turun mesin, akan susah untuk mengembalikan performa sepeda motor seperti awal standar pabrik.
Jika Anda rutin melakukan perawatan secara berkala, hal tersebut tidak akan terjadi dan memberikan kenyamanan saat berkendara serta memperpanjang umur kendaraan tersebut. Maka dari itu, untuk merawat sepeda motor jadikan sebagai suatu kebiasaan agar performa sepeda motor tetap terjaga.

Cara Merawat Kondisi Turun Mesin Motor

Dikutip dari buku Panduan Praktis Merawat dan Memperbaiki Sepeda Motor oleh Ir. Hartoto Soedarmo. SE, untuk melakukan perawatan secara berkala, Anda bisa mengacu atau berpedoman pada buku manual servis Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).
Menurut keterangan buku manual tersebut, apabila mengikuti “prosedur perawatan” operasional motor dan usia pemakaian lebih awet akan terjamin. Hal tersebut juga akan mengurangi biaya operasional dan perawatan kendaraan, terutama biaya untuk turun mesin (overhaul).
Hal yang perlu diketahui sehubungan dengan perawatan sepeda motor adalah jadwal perawatan secara berkala yang bergantung pada penggunaan. Perawatan hendaknya lebih sering dilakukan jika sepeda motor digunakan setiap hari atau di daerah basah, debu, dan kondisi musim hujan.
Untuk itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda sepeda motor yang ingin turun mesin. Tanda-tanda tersebut di antaranya:
1. Daya Motor Berkurang
Tanda kerusakan pada motor yang pertama adalah daya atau tenaga sepeda motor berkurang secara drastis. Saat mesin kekurangan oli, maka pelumasan komponen di dalam mesin tidak akan maksimal. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa komponen seperti seher atau ring seher kinerjanya melemah.
2. Suara Mesin Kasar
Gejala selanjutnya adalah bisa ditengarai lewat suara mesin motor. Apabila suara mesin berbeda dari biasanya seperti sedikit kasar, ini menjadi suatu pertanda ada masalah di dalam mesin. Maka dari itu perlunya untuk memeriksa kendaraan secara berkala.
3. Motor Susah Menyala
Selain suara mesin, salah satu tanda sepeda motor Anda bermasalah adalah susah dinyalakan atau dihidupkan. Hal tersebut disebabkan karena oli merembes ke ruang pembakaran dan membasahi busi sehingga menimbulkan kerak pada busi. Rembesan oli pastinya akan menyebabkan mesin motor susah menyala karena proses pengapian tidak maksimal.
4. Keluar Asap Putih
Keluarnya asap putih pada sepeda motor Anda menandakan adanya kebocoran di dalam mesin. Asap putih ini disebabkan karena oli mesin rembes ke ruang bakar sehingga oli juga ikut terbakar.
Jika hal tersebut sudah terjadi pada mesin motor Anda, mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel untuk melakukan servis berat.
Untuk biaya servis berat atau turun mesin motor ini berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1.500.000. Harga tersebut pastinya ditentukan oleh tingkat kerusakan dan penggantian part pada mesin yang telah rusak.
Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Turun Mesin Motor, semoga bermanfaat.

 153 total views,  1 views today