Biaya Update Kursus English First (EF) Jakarta

Penguasaan bahasa Inggris dapat dikatakan menjadi menu wajib bagi sebagian orang. Untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam belajar bahasa Inggris, di Indonesia telah tersedia kursus atau lembaga pendidikan bahasa, dan salah satu yang cukup populer adalah English First (EF). Sudah hadir di banyak kota, termasuk Jakarta, tempat ini menawarkan biaya kursus yang relatif terjangkau.

EF memiliki lebih dari 70 sekolah di Indonesia dengan harga atau biaya kursus yang berbeda di sekolah yang satu dengan lainnya. Selain itu, besarnya biaya juga bergantung pada durasi kursus dan jenis program kursus yang ingin Anda ikuti. Jenis kursus les bahasa Inggris di EF beragam, mulai dari untuk anak TK hingga SMA. Waktu kursus bahasa dibagi menjadi beberapa, seperti berikut.

Waktu Kursus EF

  • Kursus EF Intensif: 32 kelas/minggu, 40 menit/kelas, 16 sesi kelas bahasa umum, 4 sesi kelas iLab, 10 kelas minat khusus, 2 sesi kuliah, dengan durasi 2-52 minggu.
  • Kursus EF Umum: 26 kelas/minggu, 40 menit/kelas, 16 sesi kelas bahasa umum, 4 sesi kelas iLab, 4 kelas minat khusus, 2 sesi kuliah, dengan durasi 2-52 minggu.
  • Kursus EF Dasar: 20 kelas/minggu, 40 menit/kelas, 16 sesi kelas bahasa umum, 2 sesi kelas iLab, 2 sesi kuliah, dengan durasi 2-12 minggu.

Jenis Kelas Kursus di EF

  • Kelas EF-Smallstars. Program pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif yang didesain khusus untuk anak usia 4-6 tahun. Sebagai siswa EF, anak akan dapat menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri sekaligus mengembangkan keahlian sosial dan kognitif mereka. Pembelajaran ini akan memenuhi keahlian dasar dari listening, speaking, reading, dan writing.
  • Kelas EF-High Flyers. Program ini membantu peserta didik membangun fondasi yang kuat dalam berbahasa, dan mulai aktif berbahasa Inggris dengan percaya diri, dengan lebih dari 1.200 kata dari kosakata inti, 140 tata bahasa, dan juga penekanan untuk listening, speaking, reading dan writing. Topik-topik dalam kelas Highflyers akan berhubungan dengan pendidikan di SD, dan yang terpenting adalah peserta belajar mengekspresikan diri. Ditujukan untuk usia 7-9 tahun.
  • Kelas EF-Trailblazers. Kursus bahasa Inggris komprehensif yang dirancang khusus oleh EF untuk pelajar sekolah menengah. Kursus ini berkisar seputar topik dunia nyata yang menarik dan sesuai dengan kurikulum bahasa Inggris nasional. Sesi kelas berfokus pada pembelajaran komunikatif dalam lingkungan yang menyeluruh. Ditujukan untuk usia 10-14 tahun.
  • Kelas EF-Frontrunner. Kelas ini bertujuan untuk membantu siswa untuk lulus siswa ujian SMA, membantu Anda kuliah di luar negeri, serta berkomunikasi dengan mudah dan percaya diri dalam berbahasa Inggris. Di kelas ini, para siswa akan belajar inti bahasa, keahlian mengerjakan ujian, keahlian belajar, keahlian untuk hidup. Kelas Frontrunner dibuat berdasarkan CEFR, standar Eropa untuk menilai kecakapan berbahasa individu. Ditujukan untuk usia 15-17 tahun.
Baca Juga:   Biaya Admin Top Up Dana
Ilustrasi: Suasana Kelas di English First (credit: englishfirst)

Kelas Persiapan Ujian EF

  • Persiapan Ujian Cambridge English: 32 kelas/minggu, 40 menit/kelas, 16 sesi kelas bahasa umum, 4 sesi kelas iLab, 10 kelas minat khusus persiapan ujian, 2 sesi kuliah, dengan durasi 10, 12, 13, 16, 20, atau 24 minggu.
  • Persiapan TOEFL: 32 kelas/minggu, 40 menit/kelas, 16 sesi kelas bahasa umum, 4 sesi kelas iLab, 2 sesi kuliah, dengan durasi 6, 8, 12, 16, 20, atau 24 minggu.
  • Program TOEIC: 32 kelas/minggu, 40 menit/kelas, 16 sesi kelas bahasa umum, 4 sesi kelas iLab, 10 kelas minat khusus persiapan ujian, 2 sesi kuliah, dengan durasi 6, 8, 12, 16, 20, atau 24 minggu.
  • Ujian Bahasa Inggris lainnya: 16 sesi kelas bahasa umum, 4 sesi kelas iLab, 2 sesi kuliah dengan durasi 6, 8, 12, 16, 20,atau 24 minggu.
  • GMAT Preparation: 32 kelas/minggu, 40 menit/kelas, 16 kelas bahasa umum, 4 sesi kelas iLab, 10 tes GMAT Exam Preparation Special Interest Lessons, 2 sesi kuliah dengan durasi 8-52 minggu.
  • Ujian Bahasa tersedia 10 kelas minat khusus persiapan ujian, seperti Bahasa Perancis, Bahasa Spanyol, Bahasa Jerman, Bahasa Italia, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, dapat menghubungi pihak EF di masing-masing kota. Selain itu, EF juga menyediakan kelas yang bertujuan untuk karir, seperti EF English For Business, Program Magang & Relawan EF, Program Magang EF, Program EF Internship Plus, dan Kursus Pelatihan Guru.
Baca Juga:   Biaya Kursus Desain Mode Terbaru

EF menyediakan pelayanan kursus berbahasa Inggris dengan biaya yang kompetitif. Sayangnya pihak EF baru memberi informasi mengenai biaya kursus apabila Anda menghubungi langsung ke cabang EF yang dikehendaki. Namun sebagai gambaran untuk mengetahui berapa biaya kursus di EF untuk wilayah Jakarta, Anda dapat melihatnya pada tabel berikut.

Biaya Kursus EF Jakarta 2021

Jenis Kursus Biaya
Placement Test (writing & speaking) Mulai Rp250 ribuan
Kelas NTB dan RE (Real English) Sekitar Rp3 juta per level
Kelas General English 64 jam pertemuan Sekitar Rp6 jutaan
TOEFL Preparation 60 jam pertemuan Sekitar Rp6 jutaan
Stage Upper Intermediate 1 durasi 6 bulan Mulai Rp12 juta
Upper Intermediate 10 durasi 6 bulan Mulai Rp17 juta
Stage Upper Intermediate 2 durasi 6 bulan Mulai Rp21 juta

Biaya kursus bahasa Inggris EF tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2020 lalu, biaya kursus Bahasa Inggris di EF Jakarta saat ini untuk kelas General English yang semula Rp5 jutaan, naik menjadi Rp6 jutaan dan kelas Upper Intermediate 10 durasi 6 bulan yang semula Rp16 jutaan naik menjadi 17 jutaan. Sementara itu, tarif kursus Bahasa Inggris EF Jakarta kelas lainnya masih sama seperti tahun lalu.

Baca Juga:   Limit dan Biaya Layanan Internet Banking KlikBCA

Anda dapat menemukan tempat kursus EF di Jakarta seperti di Gajah Mada, Gunung Sahari, Bintaro, Cipete, Pejaten, Permata Hijau, Pondok Indah, Tebet, BSD Tangerang, Gading Serpong, Karawaci, Pamulang, Tangerang City, Cibubur, Kalimalang, Matraman, Taman Mini, Kota Wisata, Rawamangun, Kelapa Gading Permai, Pluit dan Sunter, dan lain-lain.

Umumnya jam buka EF mulai dari jam 09.00 WIB sampai 21.00 WIB untuk hari Senin-Jumat, sedangkan Sabtu umumnya hanya setengah hari. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai alamat, nomor telepon serta jam kerja di web www.ef.co.id/englishfirst/mobile/cities/jakarta.

Apabila Anda berminat untuk mendaftarkan diri kursus berbahasa Inggris di EF, dapat mengisi form online (www.ef.co.id/englishfirst/mobile/leadform) dan mengisi beberapa data seperti nama, telepon, alamat email, usia, dan kota. Langkah ini memungkinkan Anda untuk dapat mencoba kelas gratis dan tes penempatan gratis.

Namun, jika Anda memilih untuk mendatangi EF langsung, calon peserta les akan diharuskan mengikuti tes untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan bahasa Inggrisnya. Biasanya, tes awal ini meliputi dua jenis, yaitu tes menulis, yang terdiri dari grammar dan lain-lain, kemudian menceritakan pengalaman liburan baru-baru ini dialami.

Calon peserta akan diberi waktu mengerjakan tes tulis. Setelah waktu habis, maka akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Setelah selesai melakukan tes awal (penempatan kelas), peserta nantinya akan mengetahui akan diikutkan ke kelas/level berapa. Di EF, terdapat beberapa level, mulai beginner hingga advance.

 319 total views,  3 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja