Harga Terbaru Kusen Aluminium Per Batang

Kusen adalah frame atau bingkai dari daun jendela atau pintu yang dijadikan tumpuan supaya dapat dibuka dan tutup dengan baik. Ketebalan kusen tersebut umumnya disesuaikan dengan ketebalan dinding dan material pabrikasi. Di Indonesia, kita mengenal beberapa material kusen jendela dan pintu, antara lain kayu, aluminium, dan UPVC. Masing-masing jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, serta dijual dengan harga yang bervariasi.

Jenis kusen kayu misalnya, memiliki tampilan yang natural, dapat menahan panas atau dingin, dan umumnya memiliki kualitas material yang cukup baik untuk mempercantik dekorasi rumah. Kusen yang terbuat dari kayu juga lebih mudah dibentuk dan cukup mudah didapatkan. Jenis ini sangat cocok untuk mereka yang ingin mendapatkan kesan alami pada hunian.

Hanya saja, kusen dari bahan ini rentan dimakan rayap jika tidak diaplikasikan dengan anti-rayap. Selain itu, bahan dasar kayu juga membutuhkan perawatan secara berkala. Tidak hanya itu, harga jual kayu saat ini semakin mahal. Padahal, penggunaan kayu pun tidak cukup efektif karena tidak tahan akan serangan rayap. Itulah mengapa banyak yang mengganti kayu pada pembuatan kusen dengan material aluminium, beton, maupun PVC.

Kelebihan Kusen Aluminium

Sementara itu, kusen berbahan aluminium biasanya menjadi pilihan kedua selain kusen kayu. Kusen berbahan aluminium memiliki material yang tahan keropos karena tidak mungkin dimakan rayap. Selain itu, bahan aluminium juga tahan lama dan dapat didesain sesuai pesanan. Perawatan kusen aluminium terbilang cukup mudah dan sederhana. Hanya saja, variasi bentuk dan modelnya terbatas lantaran kusen aluminium merupakan standar pabrik.

Baca Juga:   Harga Amura Expert Serum (Semua Varian) Terbaru

Beberapa tahun belakangan, banyak rumah maupun gedung perkantoran yang sudah menggunakan kusen aluminium untuk pintu maupun jendela. Hal ini dianggap wajar mengingat beberapa keunggulannya dibanding kusen kayu. Kusen aluminium juga banyak ditemukan pada pembuatan stand dan juga kitchen set.

Ada beberapa pilihan warna kusen aluminium yang kerap diproduksi seperti silver, cokelat, hitam, dan putih susu. Tersedia juga model yang terlihat mirip dengan urat kayu yang sering menjadi favorit banyak orang. Anda bisa memilih warna dan model kusen aluminium ini sesuai dengan selera dan disesuaikan juga dengan tema bangunan atau rumah.

Pemasangan kusen berbahan aluminium pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Bentuk kusen jenis ini yang paling banyak beredar adalah persegi. Akan tetapi, pada model rumah minimalis, Anda juga akan melihat bentuk lain seperti gabungan garis horizontal dengan lengkungan dan segitiga, atau bentuk lainnya.

Di pasaran, harga kusen berbahan aluminium per batang untuk keperluan jendela dan pintu ini sangat beragam, tergantung merk dan ukurannya. Beberapa brand yang cukup terkenal di pasaran adalah Alexindo, Superex, dan YKK. Berikut ini kami sajikan informasi terbaru daftar harga kusen aluminium untuk pintu dan jendela terbaru.

Baca Juga:   Harga Terbaru Entok Mentok per Ekor (DOD, Jantan, Betina, Sepasang)

Harga Kusen Aluminium

Merk Kusen Aluminium Harga
Kusen Aluminium Alexindo 3 inch coklat Rp80.000 per batang
Kusen Aluminium Alexindo 4 inch silver Rp130.000 per batang
Kusen Aluminium Superex 3 inch silver Rp90.000 – Rp100.000 batang
Kusen Aluminium Superex 3 inch coklat Rp120.000 – Rp150.000 per batang
Kusen Aluminium YKK 3 inch silver, hitam, cokelat Rp140.000 – Rp170.000 per batang
Kusen Aluminium YKK 3 inch urat kayu Rp170.000 – Rp235.000 per batang
Kusen Aluminium YKK 4 inch silver, putih, cokelat Rp155.000 – Rp187.000 per batang
Kusen Aluminium YKK 4 inch urat kayu Rp198.000 – Rp320.000 per batang
Kusen Aluminium Aluprima 3 inch Rp75.000 – Rp95.000 per batang
Kusen Aluminium Aluprima 4 inch Rp85.000 – Rp100.000 per batang
Kusen Aluminium Dacon 3 inch/4 inch Rp99.900 per batang

Harga kusen aluminium di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga kusen aluminium saat ini relatif sama. Bahkan, ada beberapa merk yang turun harga, seperti kusen aluminium YKK 3 inch yang awalnya dijual Rp180 ribu per batang, sekarang sedikit turun menjadi Rp140 ribu sampai Rp170 ribu per batang.

Baca Juga:   Harga Kayu Gaharu per Kilo

Ada anggapan orang yang ingin membangun rumah apabila menggunakan kusen dari aluminium tidak kuat. Namun, ada beberapa cara merawat kusen dan jendela berbahan aluminium agar kusen awet hingga puluhan tahun. Membersihkan kotoran yang menempel pada kusen aluminium bisa dengan cara menggunakan cairan khusus aluminium yang sudah tersedia di pasaran dan juga dengan cara alami yang ada di sekitar kita.

Anda juga bisa menuangkan cairan pembersih piring ke spon yang sudah basah, lalu lap kusen, pintu aluminium, dan jendela aluminium hingga bersih dan keringkan dengan kain lembut hingga kering. Untuk memoles alumunium yang sudah usang dan menjadikannya seperti baru, menggunakan sabut baja bisa dijadikan sebagai alternatif. Bisa dilakukan dengan cara gerakan memutar kemudian vertikal dari atas ke bawah hingga beberapa kali sampai mengilat.

 23 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja