Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan

Berikut kami informasikan mengenai biaya operasi hilangkan mata ikan, sebagai berikut:

Mata ikan, atau memiliki istilah medis clavus, merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada manusia. Umumnya, penyakit ini muncul di kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak tangan, dan jari-jari tangan. Meski tidak berbahaya, namun penyakit ini akan merusak penampilan seseorang dan terkadang menimbulkan rasa nyeri. Karena itu, banyak dari mereka yang kemudian melakukan operasi untuk menghilangkan mata ikan dengan biaya berkisar Rp400 ribuan, bisa kurang bisa lebih.

Pengobatan Mata Ikan

  • Rendam kaki dengan air hangat yang dicampur sabun mandi yang lembut selama sekitar 15 menit.
  • Setelah itu, gosok kulit yang menebal dengan batu apung atau menggunakan sabun khusus kulit. Tetapi ingat, jangan mengikis kulit yang menebal secara langsung, melainkan bertahap sedikit demi sedikit.
  • Setelah beberapa saat, angkat kaki dari rendaman dan cuci dengan air bersih, kemudian keringkan kaki dengan handuk bersih.
  • Sebelum kaki benar-benar kering, oleskan salep yang mengandung salisilat 40 persen yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati.
  • Selain itu, ada beberapa pengobatan lain yang bisa dicoba jika cara di atas tidak ampuh. Cara yang pertama adalah menipiskan lapisan kulit yang menebal dengan pisau, yang harus dilakukan oleh dokter berpengalaman. Di samping itu, bisa juga dengan menggunakan obat-obatan dalam bentuk krim atau salep yang telah dijual bebas, dengan catatan penderita penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer sebaiknya menghindari pemakaian asam salisilat karena malah akan merusak kulit dan saraf.
Baca Juga:   Biaya Lasik Mata Terbaru

Operasi Mata Ikan

Jika cara-cara di atas belum juga bisa mengatasi gangguan mata ikan, opsi selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah melakukan operasi. Anda bisa pergi ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk menjalani prosedur ini. Operasi mata ikan sendiri berlangsung cukup singkat, sekitar 20 menit, dengan pasien diberikan suntik bius lokal terlebih dahulu.

Ada dua metode utama yang digunakan dalam operasi mata ikan, yaitu operasi bedah minor dengan pisau dan operasi dengan kauterisasi. Dalam metode yang pertama, dokter akan menggunakan sebuah pisau khusus, kecil dan tajam, untuk membuang mata ikan sampai ke akarnya hingga yang tersisa adalah kulit yang sehat. Setelah mata ikan dibuang, luka sayatan kemudian dijahit dengan rapat.

Baca Juga:   Biaya Derek Towing Mobil (Gendong dan Hidrolik)

Sementara, untuk metode yang kedua, menggunakan electric cauter, yang memiliki fungsi seperti solder, yang akan membakar kulit mata ikan secara elektrik sampai ke akar. Pada metode ini, tidak ada darah yang keluar dan kulit bekas operasi tidak perlu dijahit. Namun, metode ini hanya cocok untuk mata ikan berukuran kecil.

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan operasi mata ikan? Biaya operasi mata ikan bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit atau klinik kesehatan. Umumnya, operasi mata ikan memerlukan biaya ratusan ribu rupiah. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran biaya operasi mata ikan.

Biaya Operasi Mata Ikan

Nama Rumah Sakit/Klinik Kesehatan Biaya Operasi
RS Panti Rapih Yogyakarta Rp450.000
Klinik Bedah Minor Bali Rp672.000
RS Manyar Medical Center Surabaya Rp2.100.000
RS Pondok Indah Rp2.000.000
JMB Klinik Estetika Rp3.750.000
Baca Juga:   Biaya Paket Treatment The Emdee Skin Clinic

Perlu Anda ketahui, biaya operasi mata ikan di tiap rumah sakit atau klinik kesehatan di atas tidak terikat, dan dapat berubah sesuai kebijakan pengelola. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, tarif operasi mata ikan tersebut berkisar Rp436 ribuan hingga Rp4 jutaan.

Memang, biaya untuk melakukan operasi mata ikan berbeda-beda. Bahkan, di beberapa rumah sakit swasta, dengan teknologi mutakhir, biaya untuk melakukan operasi ini bisa mencapai angka jutaan rupiah. Namun, apabila Anda adalah pemegang kartu ASKES atau pasien BPJS, bisa melakukan operasi mata ikan tanpa biaya alias gratis.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 25 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja