Biaya Service AC Mobil di Bengkel

Berikut kami informasikan mengenai biaya service AC mobil dibengkel, sebagai berikut:

Penyejuk kabin mobil atau air conditioner (AC) kini telah menjadi salah satu komponen yang dibutuhkan dalam kendaraan roda empat. Seperti halnya mesin, ternyata AC juga membutuhkan perawatan khusus alias service secara berkala agar performa perangkat ini selalu terjaga. Selama ini, para pemilik mobil baru melakukan servis AC saat kondisi suhu AC mobil mereka sudah tidak lagi dingin atau benar-benar rusak. Hal ini justru nantinya akan membuat pemborosan biaya service.

Biaya Service AC Mobil

Di wilayah Jakarta, service AC mobil-mobil keluaran Jepang berkisar di harga Rp300 ribuan, sedangkan untuk mobil-mobil produksi Eropa, tarif service AC bisa mencapai antara Rp1,2 juta hingga Rp4 jutaan. Umumnya, bengkel-bengkel service AC mobil telah memasukkan biaya penggantian freon jika memang freon AC mobil Anda harus diisi ulang. Namun, ada juga yang menarik biaya jasa isi freon secara terpisah, berkisar Rp200 ribuan.

Baca Juga:   Biaya Instalasi dan Tarif Biznet

Mengapa biaya servis AC mobil buatan Jepang dengan Eropa bisa terpaut begitu jauh?

Rupanya hal ini disebabkan mobil-mobil Eropa memang memiliki sistem pendingin yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil buatan Jepang. Karena itu, teknik dan alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki AC mobil buatan Eropa tentunya lebih banyak. Apalagi karena tidak semua bengkel AC mobil mampu memperbaiki mobil-mobil Eropa.

Service AC mobil tersebut biasanya mencakup perawatan evaporator, pembersihan blower, dan pembersihan kondensor yang menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Biaya tersebut baru sebatas tarif jasa servis saja dan belum termasuk biaya penggantian spare part. Selain melakukan service atau perbaikan AC mobil secara umum, Anda juga dapat melakukan service AC mobil untuk tiap komponen. Biasanya, suku cadang seperti kompresor atau evaporator pada mobil kerap bermasalah dan menyebabkan kinerja AC mobil Anda terganggu.

Untuk biaya penggantian komponen, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp475-700 ribu. Dengan catatan, komponen utama seperti piston, noken as, dan silinder piston tidak ada yang mengalami kerusakan. Komponen lain yang kerap mengalami kerusakan adalan fan belt dan extra fan. Harga sebuah fanbelt ac mobil mulai dari Rp40 ribuan, sementara extra fan paling murah Rp300 ribuan.

Baca Juga:   Biaya Perpanjang SIM Terbaru 2020

Pro-Q, salah satu bengkel spesialis AC di kawasan Jakarta Selatan, menggratiskan biaya bila hanya untuk pengecekan. Jika pelanggan ingin melakukan service model single evaporator, biaya service AC berkisar Rp1,2 jutaan, sudah termasuk ganti oli, refrigerant, dan pembersihan. Sementara, untuk biaya service AC model double evaporator, sekitar Rp1,4 jutaan.

Pihak bengkel mengklaim, salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah menggunakan alat canggih bernama Kooltec. Selain bisa mengganti pelumas dan zat pendingin, alat ini juga dikatakan mampu digunakan untuk membersihkan saluran instalasi AC. Selain itu, bengkel Pro-Q juga menyediakan alat khusus untuk mendeteksi kejernihan refrigerant agar tidak terkontaminasi zat lain yang bisa membuat sistem pendingin cepat rusak.

Sementara itu, PT Cipta Gemilang Mobil atau Coolkars yang berlokasi di Tangerang, mematok biaya service AC untuk jangka waktu satu tahun di angka Rp3,85 juta. Bengkel ini pun menyediakan paket fogging caf dan AC care seharga Rp1,92 juta, serta paket hemat ganti coolant flushing caf dan free fogging seharga Rp700 ribuan (khusus komunitas).

Baca Juga:   Biaya Mengurus Pembuatan STNK yang Hilang

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya service AC mobil dibengkel, semoga bermanfaat

 29 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja