Biaya Perpanjang SIM Terbaru 2020

Seperti yang sudah diketahui, SIM merupakan identitas bahwa seseorang telah memiliki ijin untuk mengemudikan suatu kendaraan bermotor. SIM sendiri jika dibuat secara resmi harus melalui berbagai tahapan, seperti tes teori dan yang paling sulit adalah tes praktek.

Nah, ketika Anda sudah berhasil mendapatkan SIM, yang perlu diketahui selanjutnya adalah ternyata SIM memiliki masa berlaku.

Dimana jika Anda tidak segera memperpanjang masa berlakunya, maka sama saja Anda harus membuat SIM baru. Tentu sangat ribet bukan? artinya Anda harus mengulang berbagai tes yang tergolong rumit dan sulit.

Selain itu biaya yang diperlukan untuk membuat SIM baru juga akan lebih mahal dibandingkan Anda memperpanjang SIM yang sudah ada.

Ternyata Perpanjang SIM Bisa dilakukan Secara Online

Dikarenakan teknologi yang terus berkembang, pihak dari Korlantas Polri juga tidak mau kalah dalam sektor pelayanannya, mereka memanfaatkan teknologi informasi agar masyarakat semakin mudah melaukakn perpanjangan SIM, yaitu bisa mengurusnya secara online.

Baca Juga:   Biaya Perpanjang STNK 2020

Namun, kami pikir masih banyak masyarakat yang salah kaprah mengenai perpanjangan SIM online ini, mungkin sebagian besar orang berfiikir bahwa dengan adanya perpanjangan SIM online ini, kita tidak perlu datang ke tempat pelayanan SIM, tapi nyatanya tidak begitu ya.

Begini penjelasannya, seumpama Anda adalah orang asli Purbalingga, yang tentunya memiliki SIM maupun KTP yang terdaftar disana.

Nah, suatu ketika Anda sedang merantau di Jakarta dan harus melakukan perpanjangan di Jakarta pula. Maka, disinilah layanan dari SIM online akan bekerja.

Yup, dengan adanya layanan SIM online Anda tidak perlu lagi pulang terlebih dahulu ke daerah asal (dalam contoh Purbalingga), alias Anda tetap bisa melakukan perpanjangan SIM di Jakarta.

Baca Juga:   Biaya Administrasi Over Kredit Mobil

Karena sistem SIM online memiliki  database Satpas yang sudah diintregasikan melalui jaringan dan saling terhubung se indonesia. Dimana data yang dimiliki SIM online merupakan data ang diambil dari identitas di KTP Elektronik.

Kemudian dengan adanya layanan SIM Online yang memiliki sistem seperti itu, Anda sudah tidak perlu mengisi formulir pada saat di tempat pelayanan. Selain itu biaya perpanjang sim juga bisa dibayarkan melalui atm.

Biaya Perpanjang SIM

Untuk biaya perpanjang SIM memiliki tarif berbeda-beda tergantung kelas dari SIM yang akan diperpanjang.

Yang paling murah adalah SIM kelas D, sedangkan yang paling mahal untuk diperpanjang adalah SIM Internasional. Berikut rinciannya.

 

Kelas SIM Biaya
SIM A Rp 80.000
SIM B I Rp 80.000
SIM B II Rp 80.000
SIM C Rp 75.000
SIM C I Rp 75.000
SIM C II Rp 75.000
SIM D Rp 30.000
SIM D I RP 30.000
SIM Internasional Rp 225.000
Baca Juga:   Biaya Pembuatan Visa ke Jepang

Nah itulah artikel mengenai biaya SIM yang dapat kami berikan, kemudian  perlu diketahui bahwa biaya dari masing-masing kelas SIM tersebut sudah resmi ditetapkan oleh pemerintah ya.

Namun dalam perkembangannya mungkin saja pemerintah menetapkan biaya yang baru. Tenang saja, kami rasa perbedaannya tidak akan terpaut terlalu jauh kok.

 85 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja