Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil

Dibawah ini biaya.info menyampaikan tentang Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil sebagai berikut:

Kenyamanan merupakan salah satu faktor penting yang harus ada ketika Anda berkendara dengan mobil, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh. Nah, untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal, mobil Anda disarankan rutin melakukan spooring dan balancing, yang bisa dilakukan di banyak bengkel dengan biaya yang sebenarnya relatif terjangkau.

Seiring perkembangan zaman, mobil sudah menjadi alat transportasi utama untuk mendukung mobilitas, terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Idealnya, para pemilik kendaraan, termasuk yang berjenis kelamin perempuan, mengetahui cara merawat mobil, seperti mengganti ban yang merupakan cara perawatan mobil yang paling dasar, hingga memahami cara memeriksa oli dan radiator, cara jumping aki, serta cara mengganti wiper.

Pasalnya, banyak dampak yang ditimbulkan jika pemilik membiarkan interior, eksterior, atau mesin mobil tidak terawat. Yang paling simpel, dengan membiarkan mobil kotor, selain membuat penampilan tunggangan Anda menjadi tidak menarik, sisa kotoran akan merusak cat mobil, sedangkan garam bisa membuat pelek alloy mobil Anda berkarat, yang pada akhirnya bisa menurunkan harga mobil ketika ingin dijual.

Apa Itu Spooring dan Balancing?

Ada banyak metode perawatan mobil yang disarankan, salah satunya spooring dan balancing. Spooring dan balancing perlu dilakukan jika mobil Anda memiliki mobilitas tinggi dan sering melewati jalanan yang tidak rata. Hal tersebut mengakibatkan setir mobil agak berat ke kiri atau ke kanan, atau kemudi kendaraan terasa bergetar pada kecepatan tertentu. Namun, meski spooring dan balancing sering ‘disatukan’, tetapi dua service tersebut sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda.

Secara umum, spooring merupakan penyetelan sudut-sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan (camber, caster, toe) yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan. Biasanya, roda depan pada mobil yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sediakala. Ada beberapa tanda-tanda mobil perlu melakukan perawatan spooring, di antaranya:

  • Setir bergetar pada kecepatan tertentu, karena roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi.
  • Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu, maka berarti mobil Anda sudah menerima gejala tersebut.
  • Saat pengendalian setir, ketika dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
  • Gejala lainnya, jika mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring, ini tandanya keseimbangan mobil sudah cukup parah.
  • Permukaan ban sudah tidak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya.
  • Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus, tetapi roda kendaraan ada yang miring.
  • Ban bagian belakang tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Cara mengetahuinya, dengan melihatnya dari belakang dengan mengambil jarak beberapa meter. Amati ban mobil belakang, apakah tergeser dan tidak presisi dari tempatnya semula.
Baca Juga:   Biaya Pembuatan SIM Terbaru 2020

Gejala di atas, terjadi karena roda mobil, khususnya bagian depan yang merupakan komponen tidak fixed, terjadi pergeseran atau berubah sehingga tidak dapat menapak dengan sempurna. Salah satu setelan yang berubah terjadi pada komponen seperti sudut toe dan chamber. Bila sudut toe dan chamber melebihi atau kurang dari angka normal, maka dapat menyebabkan ban aus di bagian dalam atau tapak luarnya saja.

Langkah spooring berfungsi mengembalikan penyetelan roda-roda agar kembali pada angka sesuai standar pabrikan. Jadi, alat spooring memiliki database setelan kaki-kaki hampir seluruh mobil yang pernah diproduksi, dan berpatokan pada data tersebut, kondisi setelan pada kaki-kaki mobil dikembalikan.

Sementara itu, service balancing adalah aktivitas yang dilakukan untuk menstabilkan putaran ban, dengan menambahkan pemberat pada pelek. Balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Setelah mengganti ban atau pelek, mobil perlu di-balancing agar putaran bannya tetap seimbang. Jika sudah mencapai batas kilometer, mobil perlu dilakukan perawatan yang namanya balancing ini. Setiap mobil tentunya memiliki batas kilometer yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik mobil itu sendiri.

Baca Juga:   Biaya Cat Mobil per Panel dan Full Body

Manfaat Spooring dan Balancing Mobil

  • Meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.
  • Menghemat pemakaian ban.
  • Menghemat pemakaian bahan bakar.
  • Menghindari keausan yang tidak merata pada ban.
  • Kendali mobil menjadi lebih stabil.
  • Posisi kemudi bisa segera kembali lurus, terutama setelah belok.
  • Menghilangkan suara “berdecit” pada ban ketika berbelok.
  • Menyelaraskan kelurusan roda kemudi.
  • Meningkatkan kestabilan dalam berkendara.
  • Menjaga keawetan kaki-kaki (onderstel) mobil.

Tidak seperti tune up, spooring dan balancing tidak harus dilakukan secara berkala, tetapi ketika hanya dianggap perlu dilakukan. Ketika mobil Anda sudah menunjukkan tanda-tanda yang mengindikasikan ketidaknyamanan pada ban saat berkendara, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan spooring maupun balancing. Semakin sering mobil Anda melaju di jalanan yang rusak atau memiliki permukaan yang kurang baik, maka kaki mobil bisa menjadi tidak seimbang. Di sinilah perlunya dilakukan spooring dan balancing.

Biaya yang diperlukan untuk melakukan spooring dan balancing sangat tergantung pada model atau merk mobil. Untuk balancing, biasanya bengkel mematok biaya Rp10 ribu hingga Rp30 ribuan per roda, sedangkan spooring untuk mobil-mobil jenis Toyota Yaris, Honda Jazz, Toyota Avanza, dan Kijang Innova berkisar Rp150 ribu sampai Rp175 ribu per roda. Sementara, biaya spooring untuk kendaraan Toyota Alphard, Mitsubishi Pajero, atau Mitsubishi Outlander berkisar Rp200 ribuan per roda.

Selain itu, biaya juga bergantung kebijakan bengkel. Pada tahun lalu, paket spooring dan balancing di Wijaya Berlian Jaya berkisar Rp174 ribu sampai Rp345 ribuan, sedangkan Bengkel BOS mematok harga mulai Rp150 ribu hingga Rp200 ribu untuk spooring dan mulai Rp20 ribu untuk balancing. Referensi lainnya, My Auto Duren Sawit Jakarta menawarkan paket spooring dan balancing mobil dengan harga Rp225 ribuan. Berikut informasi harga spooring dan balancing mobil saat ini.

Baca Juga:   Biaya Kursus Mengemudi Mobil Plus SIM A

Biaya Spooring dan Balancing Mobil

Nama Bengkel Biaya Spooring & Balancing
Roda Kencana, Bekasi Balancing : Rp30.000 per roda
Spooring Mobil Kecil : Rp150.000 – Rp175.000 per roda
Spooring Mobil Besar : Rp200.000 per roda
Paket : Rp225.000
Time Attack, Bogor Paket : Rp200.000
HSR Wheel Banzai Rims, Duren Sawit, Jakarta Paket : Rp200.000
Star Ban, Surabaya Paket Mobil Kecil : Rp200.000
Mitra Agung Ban Cimone, Tangerang Paket : Rp210.000
Dara Putra Bengkel Ban, Bekasi Paket LCGC : Rp222.200
Sentosa Ban, Jambi Spooring 3D : Rp100.000 – Rp150.000
WW Auto Jakarta Pusat Paket Balancing : Rp100.000
Paket Spooring & Balancing Mobil Sedang : Rp360.000
Paket Spooring & Balancing Mobil Jepang : Rp460.000
Bengkel Bridgestone Gading Serpong Paket Spooring & Balancing : Rp150.000

Sebagai info tambahan informasi, jika Anda ingin kendaraan tetap berjalan stabil dan tidak limbung, Anda disarankan melakukan spooring dan balancing secara berkala, karena tiap produk memiliki sistem dan teknologi yang berbeda. Sementara, jika ingin merotasi ban, harus dilakukan secara benar dan teratur agar memberikan keausan yang merata untuk semua ban. Di samping itu, sebelum melakukan spooring dan balancing, lakukan pengecekan pada semua kondisi ban dan pelek, bagian suspensi, hubungan pada setiap sambungan kaki-kaki, serta kondisi sasis dan bodi kendaraan Anda.

Demikianlah artikel mengenai Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil Semoga Bermanfaat Bagi Anda.

 53 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja