Ciri Fisik Kucing Ragdoll

Kucing menjadi hewan peliharaan semua kalangan, pasalnya hewan yang menggemaskan ini begitu lucu dan perawatannya tak begitu rumit. Jika Anda mengunjungi pet shop sudah dipastikan akan menemukan beragam jenis kucing di sana. Salah satu jenis kucing yang menjadi favorit sebagai hewan peliharaan di rumah yakni Ragdoll. Spesies ini begitu unik, sehingga tak heran jika harga yang ditawarkan cukup mahal di kantong Anda.

Menurut situs Cat Fanciers Association (CFA) di Amerika Serikat, Ragdoll merupakan hasil persilangan yang dikembangkan oleh Anna Baker di penangkar Riverside, California, Amerika Serikat pada 1960. Ragdoll mulai ada di California pada tahun 1963. Ras Ragdoll diperoleh dari perkawinan silang tiga kucing (Blackie, Josephine, dan Daddy Warbucks). Tetua Ragdoll adalah kucing domestik asal Amerika Serikat.

Kucing jantan hitam bernama Blackie mempunyai fisik seperti kucing persia hitam yang dihasilkan dari induk berwarna putih bernama Josephine. Josephine sendiri adalah kucing dengan fisik seperti anggora yang mempunyai panjang bulu medium. Sementara itu, Daddy Warbucks merupakan kucing jantan lainnya. Semula Anna mengawinkan kucing putih bulu panjang betina dengan kucing jantan lain. Dari proses seleksi tersebut, Anna akhirnya menemukan ras Ragdoll. Hasil persilangan itu melahirkan keturunan bertemperamen unik dan berpenampilan sangat menawan.

Baca Juga:   Biaya Suntik Scabies Kucing dan Harga Obatnya

Anna Baker kemudian mendirikan sebuah organisasi khusus penggemar kucing Ragdoll sejak tahun 1971. Selanjutnya, didirikanlah organisasi Ragdoll Fanciers Club International (RFCI) yang bertujuan untuk menyebarluaskan ras ini dan membuat aturan dan panduan bagi para pembiak Ragdoll. Ciri khas Ragdoll bermata biru dan berhidung merah muda dan memiliki perangai senang dipeluk.

Ciri Fisik Ragdoll

Karakteristik Golongan Ragdoll Longhair
Ukuran Besar
Kepala Berukuran medium, kepala kucing betina lebih besar dari kucing jantan
Hidung Berukuran medium, lebar pada dasarnya, dan melingkar
Mata Lebar dan berbentuk bulat
Badan Berukuran besar dan berat dengan tulang yang cukup berat. Kucing jantan berat badannya 6,8 – 9 kg; kucing betina 4 – 5,4 kg.
Kaki Berukuran medium dan proporsional dengan kaki depan
Cakar Besar, bulat, dan kokoh. Lima jari di kaki depan dan empat jari di kaki belakang
Bulu Panjang dan tebal, mengilap, menutupi seluruh badan, dan tidak kusut
Ekor Berbulu lembut dan panjang sesuai proporsi badan
Baca Juga:   Biaya Grooming (Memandikan Kucing)

Sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat merawat kucing Ragdoll yakni kucing ini perlu disisir setiap hari karena bermain setiap hari. Kucing Ragdoll memiliki karakteristik pendiam, sehingga Anda wajib toleransi tinggi terhadap sakit yang mungkin dialami kucing tersebut. Anda harus peka terhadap kucing Ragdoll karena memiliki kelebihan lembut dan penyayang.

Daya tarik kucing Ragdoll yakni senang berjalan di lantai dan bukan tipe kucing yang senang melompat. Bulu Ragdoll semi panjang dan tampak cantik meski jantan. Tampak lembut pendiam dan mudah disayangi. Ragdoll kurang tertarik bermain di luar sehingga sangat cocok menjadi binatang peliharaan di rumah. Hanya saja penangkarannya masih sedikit karena anakan yang lahir di Tanah Air masih terbatas.

Baca Juga:   Harga Terbaru Entok Mentok per Ekor (DOD, Jantan, Betina, Sepasang)

Warna bulu Ragdoll bervariasi, ada yang seal point, blue point, tortie point, mitted, dan bicolor. Ada enam macam warna yang terdapat pada Ragdoll, tetapi hanya empat warna yang diakui oleh kebanyakan asosiasi penggemar kucing yakni, seal, blue, chocolate, dan lilac, sedangkan warna red dan cream tidak diakui oleh beberapa asosiasi. Semua warna tersebut membentuk 4 pola warna yang digolongkan menjadi bi-color, van (oleh beberapa asosiasi tidak diakui), mitted, dan point (solid, lynx, dan tortie).

 615 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja