Biaya Isi Ban Nitrogen di SPBU Terbaru

Bersama ini kami sampaikan informasi tentang Biaya Isi Ban Nitrogen di SPBU Terbaru sebagai berikut:

Ada beberapa kelebihan penggunaan nitrogen pada ban jika dibandingkan dengan isi tekanan angin biasa. Pertama, kalau menggunakan nitrogen, kemungkinan ban kempes akan lebih lama karena molekul nitrogen lebih tinggi dibandingkan dengan oksigen. Sebaliknya, kalau mengisi ban dengan tekanan angin biasa, tekanan angin tersebut lama-lama akan berkurang karena angin rembes di ban.

Selain itu, dengan menggunakan nitrogen, perubahan tekanan akan menjadi lebih sedikit meskipun temperatur ban naik atau turun dengan ekstrem. Misalnya, pada kondisi ban yang digunakan untuk balapan. Dalam kecepatan tinggi, suhu ban akan menjadi panas. Namun, jika ban tersebut diisi dengan nitrogen, maka tekanan angin tetap stabil dan tidak banyak berubah.

Keuntungan lain mengisi ban dengan nitrogen adalah ramah lingkungan, daya cengkeram dan kinerja ban lebih optimal, menghemat bahan bakar, serta bisa memperpanjang umur atau masa pakai ban. Selain itu, juga dapat meningkatkan keselamatan karena stabilitas ban lebih terjaga, selain membantu mengurangi karat. Karena sudah stabil, ban yang diisi dengan nitrogen juga tidak perlu dicek secara rutin. Bila ingin dicek, bisa dilakukan maksimal satu bulan sekali. Sementara, untuk ban yang diisi dengan tekanan angin, lebih baik diperiksa sekitar dua minggu sekali.

Baca Juga:   Harga Terbaru Cream Rinna Diazella (RD) dan Produk Lainnya

Di samping itu, dibandingkan dengan angin biasa, pengisian ban menggunakan nitrogen juga diklaim membuat kendaraan bermotor lebih hemat bahan bakar. Meski belum ada riset yang meneliti hal tersebut, namun dengan nitrogen, putaran ban menjadi lebih ringan, sehingga kendaraan akan bergerak lebih stabil, sehingga berefek pada pemakaian bahan bakar yang lebih irit.

Meski demikian, pengisian ban menggunakan bahan nitrogen juga tidak terlepas dari kelemahan. Kelemahan paling kentara adalah ketika Anda mengisi saat cuaca sedang hujan atau musim dingin. Pasalnya, nitrogen bakal cepat habis ketika musim dingin atau cuaca hujan karena air menyerap nitrogen tersebut, sehingga perputarannya menjadi lebih cepat.

Selain itu, pengisian tekanan angin pada ban menggunakan nitrogen lebih cocok diterapkan pada motor besar dan untuk motor yang digunakan perjalanan jarak jauh. Pasalnya, nitrogen memiliki molekul yang ringan, dingin, dan lebih stabil. Sebaliknya, untuk motor kecil, seperti skuter matik dan moped, yang punya bobot ringan, molekul pada nitrogen yang ringan dan dingin justru akan membuat motor terlalu enteng.

Baca Juga:   Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Harga Isi Nitrogen di SPBU

Keterangan Tarif
Mobil Motor
Isi Nitrogen Awal Rp10.000 per ban Rp5.000 per ban
Tambah Angin Nitrogen Rp5.000 per ban Rp5.000 per ban
Isi Nitrogen Kosong Rp5.000 per ban Rp5.000 per ban
Tambal Ban Tubeless Rp20.000 per lubang Rp10.000 – Rp15.000 per lubang
Semir Ban Rp10.000 Rp5.000

Harga isi ban menggunakan nitrogen di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi Green Nitrogen. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, tarif pengisian ban dengan nitrogen saat ini relatif tidak berubah. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung SPBU yang menyediakan layanan tersebut.

Demikianlah kami sampaikan informasi tentang Biaya Isi Ban Nitrogen di SPBU Terbaru, semoga bermanfaat.

 607 total views,  1 views today