Biaya Tes Darah Lengkap (CBC) di Laboratorium

Di bawah ini Pusat Informasi Biaya menyampaikan tentang Biaya Tes Darah Lengkap (CBC) di Laboratorium sebagai berikut:

Biaya Tes Darah Lengkap (CBC) di Laboratorium


Tes darah lengkap atau complete blood count (CBC) / blood panel merupakan jenis pemeriksaan untuk mengetahui informasi terkait sel-sel darah pada seseorang. Pemeriksaan hitung darah lengkap ini dilakukan sebagai tes skrining luas untuk memeriksa adanya gangguan seperti anemia, infeksi, atau berbagai jenis penyakit yang lain.

Dalam aliran darah manusia terdapat 3 jenis sel, yakni sel darah putih atau leukosit, sel darah merah atau eritrosit, dan platelet atau trombosit. Tinggi atau rendahnya hasil pemeriksaan dari tes darah bisa menunjukkan suatu kelainan atau kondisi kesehatan seseorang.

Cek darah lengkap biasanya memakai mesin penghitung otomatis yang disebut hematology analyzer. Dengan mesin penghitung otomatis, hasil tes darah akan keluar secara cepat. Namun mesin tersebut kurang dapat memeriksa secara akurat bila ada sel-sel yang abnormal. Oleh sebab itu, pemeriksaan secara manual pun kadang sangat diperlukan agar bisa memberi informasi lebih akurat.

Di Indonesia ada banyak rumah sakit, puskesmas, dan laboratorium yang menyediakan fasilitas cek darah lengkap. Anda bisa langsung saja datang ke rumah sakit atau datang ke lab untuk meminta periksa darah. Biaya tes darah lengkap pun tidak terlalu mahal, Anda bisa menyediakan dana sekitar Rp 98 ribu hingga Rp 110 ribuan untuk sekali tes.

 Tes darah atau hematologi ada begitu banyak jenisnya. Namun jangan khawatir, sebab biaya pemeriksaannya hanya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah dan tidak sampai jutaan rupiah. Agar lebih jelas, berikut ini kami rangkum kisaran biaya terbaru tes darah lengkap di laboratorium saat ini:
Jenis Tes Biaya
Darah rutin / CBC (Leukosit, Eritrosit, HB, Hematrokit, Trombosit) Rp 55 ribu – Rp 81 ribu
Darah lengkap (Darah rutin + LED + Hitung Jenis) Rp 98 ribu – Rp 110 ribu
Cek golongan darah + F.Rrhesus Rp 40 ribu – Rp 60 ribu
Morfologi Rp 67 ribu – Rp 85 ribu
Hemoglobin Rp 61 ribu
LED Rp 39 ribu
Hematologi rutin + Retikulosit Rp 151 ribu
Retikulosit Rp 97 ribu
Besi Rp 136 ribu
TIBC Rp 129 ribu
Ferritin Rp 241 ribu
Transferin Rp 311 ribu
Vitamin B12 Rp 714 ribu
Asam Folat Rp 761 ribu
Gambaran darah tepi Rp 173 ribu
Cek Malaria Rp 40 ribu – Rp 55 ribu
INR. Rp 100 ribu – Rp 170 ribu
Protombine Time (PT Rp 80 ribu – Rp 120 ribu
APTT. Rp 70 ribu – Rp 75 ribu
Agregasi trombosit Rp 290 ribu – Rp 300 ribu

228 total views, 1 views today