Biaya Perbaikan Gardan Mobil

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Perbaikan Gardan Mobil, sebagai berikut:

Sebagaimana diketahui, setiap komponen kendaraan roda empat tentunya memiliki fungsi penting, salah satunya yaitu gardan. Dimana komponen mobil tersebut berguna untuk membedakan putaran roda ketika berbelok sehingga mencegah agar roda tidak selip.

Di sisi lain, gardan atau di dalam dunia bengkel biasa disebut kopel juga memiliki peran penting dalam memperbesar momen serta mengubah putaran mesin ke roda. Jadi, jika komponen gardan mengalami permasalahan atau bahkan kerusakan, maka bisa berakibat fatal pada kinerja mesin mobil.

Oleh sebab itu, pengecekan dan perawatan kondisi gardan mobil perlu dilakukan secara berkala oleh para pemiliknya. Apabila diantara kalian mengalami gangguan atau permasalahan gardan mobil, sebaiknya segera lakukan perbaikan di bengkel terdekat, entah itu bengkel umum ataupun di bengkel spesialis resmi.

Namun, sebelum mengunjungi bengkel untuk melakukan perbaikan kopel mobil, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa tarif atau ongkos jasa bengkelnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan gardan mobil untuk semua tipe.

Gejala Gardan Mobil Bermasalah

Seperti dijelaskan di atas, pemilik mobil perlu mengetahui tanda-tanda kerusakan gardan sejak dini. Terlebih lagi, komponen tersebut memiliki peran penting pada mobil, yaitu sebagai penggerak roda mobil.

Baca Juga:   Harga Lidah Membran RX King (Ori, KW, Racing, Fiber)

Meskipun demikian , tidak sedikit pula dari beberapa pemilik mobil yang jarang melakukan pengecekan terhadap komponen gardan. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa gejala atau pertanda gardan mobil bermasalah.

Terdengar Suara Dengung

Gejala pertama ketika gardan mobil mengalami gangguan yaitu munculnya bunyi dari dalam mesin. Suara dengung tersebut terjadi karena gesekan pada semua komponen gear sehingga membuat kerusakan gear transmisinya.

Oli Gardan Bocor

Kebocoran oli gardan juga bisa menjadi salah satu ciri gangguan pada komponen gardan. Beberapa hal penyebab oli gardan bocor yaitu seperti baut oli gardan mobil kurang kencang posisinya atau karena drat baut sudah tidak bekerja dengan baik.

Gardan Mobil Bergetar

Gejala permasalahan gardan terakhir yaitu munculnya getaran di gardan pada saat mobil sedang berjalan. Hal ini bisa terjadi karena bearing gardan sudah rusak. Selain itu, getaran gardan juga bisa disebabkan karena gigi gardan sudah rusak.

Penyebab Gardan Mobil Rusak

Permasalahan komponen gardan mobil tentunya dilandasi oleh beberapa faktor penyebab. Sebelum pembahasan mengenai rincian biaya perbaikan gardan mobil berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab kerusakannya berikut ini.

  • Pengemudi sering melakukan akselerasi secara tiba-tiba ketika mobil memiliki beban berat.
  • Menurunkan gigi transmisi di posisi rpm tidak tepat sehingga deselerasinya terlalu menyentak.
  • Kebutuhan traksi mobil yang besar seperti dalam olahraga off road.
  • Kurangnya perawatan gardan mobil.
  • Gardan mobil kerap kekurangan oli pelumas.
Baca Juga:   Info Harga Bosh Arm Yamaha Vixion (Original, Lokal, Set)

Dampak Gardan Mobil Rusak

Setelah mengetahui gejala hingga penyebab kerusakan gardan mobil, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja dampak atau efek buruknya. Adapun beberapa dampak gardan mobil mengalami kerusakan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Timbulnya suara bising dari mesin mobil.
  • Meningkatnya suhu mesin menjadi overheat.
  • Jalan kendaraan menjadi tidak mulus.
  • Roda mobil sulit dikendalikan.
  • Kerusakan gear rasio.

Biaya Perbaikan Gardan Mobil

Pada dasarnya, biaya perbaikan gardan mobil di bengkel umum lebih mahal dibandingkan BIAYA PERBAIKAN OLI MESIN MOBIL REMBES. Meskipun demikian, besaran harga perbaikan komponennya juga tergantung pada klasifikasi atau tipe mobilnya serta jenis gardannya, entah itu gardan depan ataupun belakang.

Untuk tarif perbaikan gardan depan mobil di bengkel umum biasanya berada di kisaran Rp 3.000.000 hingga Rp 4.000.000. Sementara gardan belakang mobil biaya perbaikannya lebih murah Rp 500.000 dari gardan depan, yaitu sekitar Rp 2.500.000 sampai Rp 3.500.000.

Baca Juga:   Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil

Alasan mengapa biaya perbaikan gardan depan mobil lebih mahal yaitu karena tingkat kesulitannya lebih kompleks dibandingkan gardan belakang. Biasanya proses perbaikan gardan mobil tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu atau paling lama 2 minggu.

Tips Merawat Gardan Mobil

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya perbaikan gardan mobil untuk semua tipe, entah itu gardan depan ataupun belakang. Supaya komponen gardan mobil memiliki usia pakai lama, sebaiknya ikuti beberapa tips merawatnya berikut ini.

  • Lakukan penggantian oli gardan secara berkala setiap 10.000 Km.
  • Gunakan oli gardan sesuai spesifikasinya.
  • Hindari menggunakan ban beda merk.
  • Jangan paksa ketika ban mengalami selip.
  • Jangan biarkan bearing poros roda oblak terlalu lama.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Perbaikan Gardan Mobil, semoga bermanfaat.

 995 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja